3 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Wajah

Kamis, 24 Oktober 2019 – 22:11 WIB
Masker kunyit. Foto: Ilustrasi

jpnn.com - Sering hadir dalam resep makanan khas Indonesia, tumbuhan dengan bagian dalam berwarna kekuningan ini ternyata juga memiliki beragam manfaat kesehatan. Bukan hanya untuk tubuh, kunyit juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan wajah Anda.

Faktanya, kunyit memiliki komponen bioaktif yang bernama kurkumin. Menurut dr. Resthie Rachmanta Putri, M. Epid dari KliKDokter, komponen ini merupakan pembentuk warna kuning pada bagian dalam kunyit, yang juga memiliki sifat antioksidan dan anti-radang.

BACA JUGA: Kunyit Putih Ampuh Usir Radang Tenggorokan?

"Kurkumin pada kunyit menunjukkan aktivitas anti-radang, antioksidan dan bisa mempercepat penyembuhan luka jika digunakan dengan benar," ujarnya.

Manfaat kunyit untuk wajah

BACA JUGA: Benarkah Kunyit Ampuh Mengatasi Depresi?

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa kunyit dapat membantu memberikan beragam manfaat sehat untuk kulit wajah Anda. Apa saja manfaatnya?

1. Membuat wajah cerah alami

Seperti telah disinggung sebelumnya, kunyit mengandung antioksidan dan komponen anti-radang. Kombinasi keduanya dapat memberikan membantu mencerahkan kulit wajah apabila digunakan dengan cara yang tepat.

Untuk mendapatkan manfaat yang dimaksud, Anda bisa mencoba masker wajah berbahan dasar kunyit.

Cara membuatnya: campurkan kunyit yang telah dihaluskan dengan sedikit Greek yoghurt dan madu. Lalu oleskan ke wajah Anda secara merata. Biarkan selama 15 menit, dan bersihkan dengan air mengalir setelahnya.

2. Menghilangkan bekas jerawat

Masker wajah berbahan dasar kunyit juga bisa membantu mengurangi jerawat dan bekas luka yang ditinggalkannya.

Sifat anti-radang yang dimiliki kurkumin pada kunyit juga dapat memperbaiki struktur pori-pori wajah, sehingga mampu membuat kulit lebih tenang dan mengurangi jaringan parut.

3. Solusi psoriasis di wajah

Kandungan antioksidan dan anti-radang pada kunyit dapat membantu mengendalikan gejala psioriasis di wajah.

Menurut National Psoriasis Foundation (NPF), manfaat tersebut bisa Anda rasakan dengan menambahkan ekstrak kurkumin pada makanan. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk suplemen yang dosisnya telah ditentukan oleh dokter.

Waspadai efek samping

Kunyit memang bisa memberikan beragam manfaat untuk kesehatan kulit wajah Anda. Akan tetapi, Anda mesti tepat dalam menggunakannya. Jika sembarangan, bukan tidak mungkin yang justru terjadi adalah efek samping merugikan.

Salah satu efek samping yang bisa terjadi akibat penggunaan kunyit secara sembarangan adalah reaksi alergi. Penelitian mengatakan bahwa paparan kurkumin (bagian kuning kunyit) pada kulit orang-orang yang sensitif bisa menyebabkan terjadinya iritasi, kemerahan, bahkan bengkak.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk tidak langsung menggunakan ramuan kunyit pada kulit sebelum melakukan uji coba sederhana. Uji coba yang dimaksud adalah dengan mengoleskan sedikit bagian kuning pada kunyit di lengan dan tunggu selama 24-48 jam.

Jika tidak timbul reaksi apa pun, berarti Anda aman. Namun jika sebaliknya?muncul iritasi, kemerahan atau bengkak?sebaiknya hindari penggunaan kunyit dalam bentuk apapun tanpa pengawasan dari dokter.

Yang tak kalah penting, pastikan kondisi kulit wajah Anda benar-benar mendukung untuk melakukan prosedur yang dibutuhkan untuk merasakan manfaat yang diinginkan. Jika ragu, jangan sungkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter.(NB/ RH/klikdokter)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler