3 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Rambut

Minggu, 09 Februari 2020 – 22:31 WIB
Teh Hijau. ILUSTRASI. Foto: Yahoo Health

jpnn.com - Teh hijau ternyata tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, namun juga bisa digunakan untuk rambut lho.

Lalu apa saja khasiat teh yang dipopulerkan dari negara Tiongkok ini?

BACA JUGA: Benarkah Peminum Teh Hijau Bisa Hidup Lebih Lama?

Manfaat teh hijau untuk rambut

Teh hijau merupakan hasil dari olahan daun teh yang berasal tanaman Camellia sinensis. Dikenal sebagai sumber antioksidan polifenol yang kuat, teh hijau sering digunakan dalam produk perawatan rambut karena dinilai cukup berkhasiat. 

BACA JUGA: 4 Manfaat Konsumsi Teh Hijau untuk Kesehatan

Ini dia beberapa manfaat yang ditawarkan teh hijau untuk kesehatan rambut Anda.

1. Membantu mencegah kerontokan rambut

BACA JUGA: Benarkah Teh Hijau Bisa Kurangi Lemak Tubuh?

Salah satu manfaat teh hijau untuk rambut adalah membantu mencegah kerontokan rambut. Kerontokan rambut adalah kondisi yang pernah dialami oleh semua orang. Umumnya, kondisi ini disebabkan oleh beberapa hal, seperti stres, diet, atau perubahan hormon. 

Kandungan teh hijau yang kaya akan katekin ternyata membantu menekan pembentukan hormon dihidrotestosteron. Hormon androgen yang biasanya memiliki kadar yang cukup tinggi pada pria ini dikenali sebagai penyebab kerontokan rambut. 

Oleh karena itu, katekin yang terkandung dalam teh hijau dapat membantu mencegah kerontokan rambut dengan menekan produksi hormon androgen dalam tubuh Anda. 

Walaupun demikian, penelitian lebih teknis mengenai efek teh hijau untuk mengatasi masalah kerontokan masih perlu dilakukan. Terutama mengenai jumlah dan waktu pemakaiannya. 

2. Mendukung pertumbuhan rambut

Ternyata, selain mencegah kerontokan, teh hijau juga dapat mendukung pertumbuhan rambut Anda. Menurut sebuah penelitian dari jurnal Phytomedicine, unsur utama polifenol pada teh hijau, yakni epigallocatechin-3-gallate (EGCG), dinilai dapat mempercepat rambut tumbuh.

Hal ini dikarenakan EGCG berperan sebagai pemicu pertumbuhan rambut dengan merangsang folikel rambut dan mencegah kerusakan pada kulit serta sel rambut. 

Maka itu, temuan ini dijadikan salah satu faktor mengapa teh hijau sering digunakan pada produk perawatan rambut, khususnya untuk mengatasi kerontokan. 

Akan tetapi, perlu dipastikan lagi apakah efek teh yang mengandung anti mikroba ini bisa dipakai juga untuk orang yang mengalami kerontokan rambut akibat hormon. 

3. Membantu memenuhi nutrisi rambut

Selain mengatasi kerontokan dengan mempercepat pertumbuhan rambut, ternyata manfaat teh hijau untuk rambut lainnya adalah memenuhi nutrisi rambut. 

EGCG yang terkandung dalam teh hijau menghambat aktivitas hormon yang menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut. Selain itu, teh hijau juga membantu melancarkan aliran darah yang mempercepat pertumbuhan rambut. 

Temuan ini dibuktikan oleh para peneliti dari University of Witten-Herdecke. Mereka mengungkapkan bahwa kandungan polifenol dalam minuman teh hijau meningkatkan aliran darah di kulit dan penyaluran oksigen ke otak sebesar 29%.

Khasiat tersebut sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut karena oksigen dan nutrisi yang dikirim ke kulit dapat merangsang folikel rambut. Dengan minum teh hijau, kebutuhan nutrisi kulit kepala Anda jadi terpenuhi dan rambut jadi lebih sehat.(HelloSehat)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler