3 UMKM Jadi Sorotan saat Pameran di Ajang KTT ASEAN 2023

Kamis, 11 Mei 2023 – 17:43 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir mengunjungi gelaran SME's HUB, yang berlangsung selama lima hari dari 9-13 Mei 2023 di Marina Waterfront Labuan Bajo. Foto dok Pupuk Indonesia

jpnn.com, LABUAN BAJO - Tiga UMKM menjadi sorotan saat pameran UMKM Rumah BUMN SME's Hub di event KTT ASEAN Summit 2023.

Ketiga UMKM tersebut yakni Padu Padan Tenun & Tenun Ina Sabu, kerajinan tenun dengan pewarna alami.

BACA JUGA: Lewat SMEs HUB di Ajang KTT ASEAN 2023, Erick Thohir Dorong UMKM Mendunia

Kerajinan berbahan dasar tenun Sumba NTT ini dibuat model berbagai pakaian kekinian seperti jaket bomber, kimono, dress dan lain-lain.

UMKM kedua yakni D'Etnick Istana Mutiara Lombok, kerajinan aksesoris berbahan dasar mutiara. Produk ini berhasil mencuri perhatian pengunjung terutama perempuan karena unik dan dibuat langsung oleh tangan-tangan bertalenta pengrajin asli Lombok. Keindahan Mutiara Mandalika, Ameera, dan Trawangan terbuat dari perak membuat D’Etnik menembus pasar global.

BACA JUGA: Berhasil Terapkan Program Agrosolution, Pupuk Kaltim Panen Raya Tebu di Sleman

Kemudian ada UMKM Cita Rasa Indonesia, yang diminati pengunjung karena menyajikan makanan unik khas tradisional Indonesia.

UMKM ini menjual produk andalan rendang daging sapi khas indonesia, dendeng balado dengan daging khas minang, bawang goreng khas Palu dan juga makanan-makanan khas Indonesia lainnya.

BACA JUGA: Erick Thohir dapat Kritik Pedas, Dinilai Gagal Urus BUMN

Sebagai informasi, sebanyak 50 UMKM mengikuti pameran yang mayoritas merupakan binaan Rumah BUMN dan sejumlah UMKM lokal.

Sementara, Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan Rumah BUMN SME's Hub bertujuan untuk mempromosikan dan membantu UMKM untuk meningkatkan daya saing sekaligus membuka akses pasar global sehingga bisa mendorong UMKM tanah air mendunia.

“Kita harus mendorong UMKM ini untuk mendunia salah satunya dengan pameran yang melibatkan pengunjung dari mancanegara. Perlu kita sadari UMKM adalah tulang punggung ekonomi Indonesia yang membuka banyak kesempatan kerja. Mereka bisa mengharumkan nama bangsa dengan produk-produk yang mendunia,” kata Erick.

Secara keseluruhan ada 50 UMKM yang ikut menyemarakkan Pameran Rumah BUMN SME's Hub, yang terdiri dari 15 UMKM makanan dan minuman khas Indonesia, 25 UMKM fesyen dan kerajinan tangan etnik, serta 10 UMKM lokal Labuan Bajo.

Gelaran SME's HUB berlangsung lima hari, di mana dua hari pertama yakni 9 -10 Mei dikhususkan untuk para delegasi negara-negara ASEAN dan hari setelahnya yakni pada 11-13 Mei masyarakat dibolehkan untuk meramaikan acara.

Masyarakat luas juga bisa menikmati Art Performance, Kuliner, DJ Performance, pelatihan sustainability (pelestarian lingkungan) serta berbagai performance seni tradisional dan kontemporer selama acara berlangsung.(chi/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler