30 Persen Jalan di Medan Berlubang

Minggu, 02 Juni 2013 – 02:23 WIB
MEDAN-Menyandang sebagai Kota ketiga terbesar di Indonesia, ternyata tidak didukung oleh infrastruktur yang bagus, khususnya jalan raya. Sebanyak 30 persen jalan di Kota Medan mengalami kerusakan sehingga butuh perbaikan.

"Ya, ada sekitar 30 persen jalan di Kota Medan ini mengalami kerusakan. Program utama kita pada tahun ini adalah mempriorotaskan perbaikan jalan-jalan rusak tersebut," ujar Kepala Dinas Bina Marga Kota Medan, Khairul Syahnan kepada Sumut Pos (Grup JPNN) Sabtu (1/6).

Dijelaskan, kerusakan jalan sekitar 30 persen tersebut memang dalam sekala sedang, seperti aspal mulai terkelupas dan berlobang. Kerusakan jalan tersebut dikatakan memang sangat mengganggu arus lalulintas.

Karena itu, dia mengucapkan bahwa akan memproritaskannya pada tahun ini. "Perbaikan itu merupakan proritas kita. Kita optimis bahwa jalan-jalan itu akan kembali mulus pada tahun ini," jelasnya.

Lantas, kapan Dinas Bina Marga Kota Medan mulai memperbaiki jalan yang rusak terasebut? Khairul Syahnan mengatakan bahwa perbaikan sudah mulai dilakukan dari sejak awal tahun ini. Namun, pihaknya mengutamakan perbaikan terhadap jalan yang kerusakannya lebih parah. "Program perbaikan jalan itu sudah kita jalankan dari Januari lalu. Menang, kita lebih fukus untuk memperbaiki jalan yang rusak parah. Kalau yang kerusakannya ringan, kita belakangkan saja," paparnya.

Diungkapkan, meski anggaran Dinas Bina Marga Kota Medan pada tahun ini hanya Rp 147 miliar, tapi Khairul Syahnan optimis untuk memanfaatkannya dengan maksimal. Dengan anggaran yang ada, dia masih yakin bisa memperbaiki jalan berlobang di Kota Medan.

"Kalau segitu cuma anggaran kita, kita harus bisa memanfaatkanya dengan baik. Saya tetap yakin kalau anggaran itu mampu memperbaiki 30 persen jalan yang berlobang, drainase dan pengerukkan sungai," ucapnya.

Sementara itu, Anggota Komisi D DPRD Kota Medan, Ahmad Parlindungan Batubara mengatakan, masalah jalan rusak di kota Medan harus menjadi perhatian serius Pemko Medan melalui Dinas Bina Marga. DPRD Kota Medan dikatakan siap untuk memperjuangkan bila anggaran sebesar Rp 147 miliar itu tidak cukup.

 "Jika anggaran Rp 147 M tidak mencukupi untuk biaya pemeliharaan jalan di kota Medan, diharapkan Dinas Bina Marga supaya manambah anggaran. Kita sangat setuju jika anggaran ditambah asal penggunaannya tepat sasaran. Ini kan demi perbaikan infrastruktur jalan di Kota Medan juga, sehingga wajib di dukung," katanya.
 
Ahmad Parlindungan juga mengusulkan  penambahan anggaran disetiap UPT Dinas Bina Marga untuk perawatan jalan berlobang dan drainase. Dengan penambahan dimaksud diharapkan dapat merealisasikan perbaikan jalan berlobang.

Begitu juga masalah honor dan uang lembur bagi penggali parit supaya dapat dianggarakan. "Artinya, dengan adanya dana di UPT, maka mereka lebih sigap," ungkapnya. (mag-7)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tolong Teman Tenggelam Malah Tewas

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler