30 Persen Suara PKS Beralih ke Jokowi

Minggu, 23 September 2012 – 17:43 WIB
JAKARTA - Pengamat Politik, Burhanuddin Muhtadi mengungkapkan ada sekitar 30 persen suara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang beralih ke pasangan yang diusung PDI Perjuangan dan Gerindra, Joko Widodo-Basuki Tjahja Purnama pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) putaran kedua, Kamis (20/9) lalu.

Meski DPP PKS secara resmi mengalihkan dukungan ke Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli setelah calon yang diusung, Hidayat Nur Wahid-Didik J Rachbini kalah pada putaran pertama, namun mesin partai tidak berpengaruh signifikan.

"Dukungan itu terkait dengan tingkat pendidikan dan pendapatan pemilih. Ada 30 persen suara PKS yang bocor ke Jokowi," kata Burhanuddin di sela-sela acara rilis exit poll Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) di Jakarta, Minggu (23/9).

Tapi, yang lebih parah lagi tingkat kebocorannya adalah suara PPP yang sama-sama mendukung pasangan berakronim Foke-Nara itu. Burhanuddin memperkirakan ada sekitar 80 persen yang beralih ke Jokowi. "Karena pemilih PKS lebih berpendidikan dibandingkan pemilih PPP," pungkasnya. (awa/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jokowi Menang, Prabowo Untung, Mega Buntung

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler