33 KK di Pulau Bunyu Kaltara Menerima Bantuan Pemasangan Listrik Gratis

Kamis, 12 September 2024 – 19:30 WIB
Penyalaan sambungan listrik perdana dilakukan secara simbolis oleh Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang di Pulau Bunyu, Bulungan. (ANTARA/HO-DKISP Kaltara)

jpnn.com - TARAKAN - Sebanyak 33 kepala keluarga (KK) di Pulau Bunyu, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara menerima bantuan pemasangan listrik gratis yang diberikan melalui Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL).

Dengan adanya bantuan pemasangan listrik gratis tersebut, maka tidak ada lagi masyarakat yang tak menikmati dan memanfaatkan listrik.

BACA JUGA: Surveyor Indonesia Kembali Salurkan Bantuan Pemasangan Instalasi Listrik Gratis

"Program ini bertujuan untuk memastikan seluruh masyarakat, terutama yang kurang mampu, dapat menikmati fasilitas listrik," kata Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang di Pulau Bunyu.

Program BPBL telah disalurkan kepada 366 kepala keluarga di Kabupaten Bulungan, termasuk 33 KK di Kecamatan Bunyu.

BACA JUGA: Prajurit TNI AL Bergerak, Dua Nelayan Hanyut di Perairan Pulau Bunyu Ditemukan, 1 Tewas

Gubernur Zainal berharap sambungan listrik ini tidak hanya berfungsi sebagai penerangan, tetapi juga menjadi pendorong peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat setempat.

"Semoga bantuan pemasangan listrik ini bisa bermanfaat bagi masyarakat," ungkapnya.

BACA JUGA: Charged Indonesia Merilis Skuter Listrik Rimau S di IMHAX 2024, Ini Bedanya

Kuota Program BPBL 2024 dialokasikan untuk 1.000 KK.

Penerima bantuan BPBL adalah keluarga dari kategori tidak mampu yang diperkuat dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

“Jika yang diusulkan tidak terdata dalam DTKS atau P3KE, maka kami minta dibuatkan surat validasi dari desa atau kelurahan, yang menyatakan bahwa bersangkutan layak menerima bantuan,” katanya.

Dalam program BPBL, setiap KK mendapat daya listrik sebesar 4 Ampere atau 900 VA, 3 titik lampu, 1 titik setop kontak dan satu grounding. “Fasilitas pasang listrik rumah telah menjadi satu paket bersama instalasi listrik,” ungkapnya.

Sebelumnya, Pemprov Kaltara melalui Dinas ESDM mengalokasikan program BPBL untuk 150 KK pada 2021, 50 KK pada 2022 dan 300 KK pada 2023.

Penyalaan sambungan listrik perdana dilakukan secara simbolis oleh Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang di Pulau Bunyu, Rabu (11/9).

Salah satu penerima manfaat, Syafruddin menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Gubernur Zaenal atas bantuan yang telah diterimanya.

"Terima kasih banyak Pak Gubernur, atas bantuan menerangi rumah kami," kata Syafruddin warga Kecamatan Bunyu. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler