4 Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Rabu, 07 Desember 2016 – 02:12 WIB
ILUSTRASI. FOTO: Laman Cheat Sheet

jpnn.com - Meningkatkan metabolisme tubuh adalah salah satu cara yang paling penting bagi mereka yang sedang menjaga berat tubuh agar tetap ideal. Metabolisme adalah semua proses kimia maupun fisika yang terjadi di dalam tubuh.

Proses kimia dan fisika tersebut membutuhkan energi dan metabolisme dengan membakar kalori yang ada di dalam tubuh. Metabolisme bertanggung jawab untuk mengubah makanan dan minuman menjadi energi.

BACA JUGA: Akhir Tahun 2016, Beragam Sensasi di Pulau Bali

Seberapa cepat tubuh membakar kalori tergantung pada beberapa hal. Beberapa orang memiliki metabolisme yang cepat.

Laki-laki cenderung lebih banyak membakar kalori daripada perempuan, bahkan ketika sedang beristirahat. Bagi kebanyakan orang, metabolisme akan terus melambat setelah usia 40 tahun.

BACA JUGA: Aceh Surfing Festival 2016 di Pantai Kuala Cut Lampuuk

Bila Anda tidak dikaruniai proses metabolisme yang cepat, ikuti cara-cara berikut ini untuk meningkatkan metabolisme dan mendapatkan tubuh yang sehat, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Senin (5/12).

1. Makan secukupnya

BACA JUGA: Keren! Ayana Resort and Spa Bali Raih Penghargaan World Travel Awards 2016

Makan secukupnya saja sehingga Anda tidak merasa lapar. Jika Anda makan camilan yang hanya mengandung 150 kalori pada pertengahan pagi dan sore hari maka hal ini akan meningkatkan metabolisme Anda.

2. Teh hijau

Alih-alih meraih kopi pagi Anda, menyeduh sepoci teh sebagai gantinya. Sebuah studi menemukan bahwa peserta studi yang minum 4 sampai 5 cangkir teh hijau setiap hari dan kemudian bekerja selama 25 menit kehilangan berat badan rata-rata 1 kg.

Keajaiban teh hijau terletak pada antioksidan yang memicu pelepasan lemak dari sel yang juga membantu mempercepat kemampuan hati untuk mengubah lemak menjadi energi.

3. Minum air sebelum Anda makan

Sebuah studi tiga bulan yang dipresentasikan pada konferensi tahunan American Chemical Society menemukan bahwa minum dua gelas air sebelum makan membantu menurunkan berat badan hingga 7,5 kg.

Selain itu, minum air sepanjang hari akan membantu untuk meningkatkan metabolisme Anda.

4. Makan makanan pedas

Capsaicin dalam cabai memiliki efek termogenik yang bisa menyebabkan tubuh membakar hingga 90 kalori segera setelah makan.

Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi capsaicin membantu untuk mengaktifkan lemak coklat yang bertanggung jawab untuk pembakaran kalori.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mau Tetap Sehat di Kantor? Yuk Intip Tips ini


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler