4 Cara Tradisional Menghilangkan Bulu dan Efek Sampingnya

Jumat, 01 Maret 2019 – 21:09 WIB
krim rumahan untuk mencukur bulu. Foto: Ilustrasi/Healthy Guide

jpnn.com - Memiliki kulit mulus tanpa bulu, tidak berbintik hitam, bebas dari kerutan menjadi idaman setiap kaum hawa. Tak heran semakin banyak klinik kecantikan yang menawarkan perawatan tersebut. Tentunya, kamu juga harus mengeluarkan budget khusus untuk perawatan itu.

Namun jangan khawatir, ada juga cara tradisional untuk menghilangkan bulu. Apa saja metode tradisional menghilangkan bulu tersebut? Dan bagaimana efek sampingnya?

BACA JUGA: Simak! Cara Mudah Membuat Krim Waxing dari Bahan-bahan di Dapur

1. Cabut Bulu

Mencabut bulu menjadi metode pertama yang dilakukan saat belum ada teknologi atau alat apapun. Pada saat menghilangkan bulu dengan cara mencabut umumnya dilakukan pada area-area tubuh seperti ketiak dan alis. Cara melakukannya dengan mencabut bulu satu persatu sampai akarnya menggunakan pinset.

Efek Samping

Metode ini membuat sakit. Jika bulu patah, maka bulu itu dapat tumbuh ke dalam kulit, menyebabkan in grown hair (bulu tumbuh ke dalam). Untuk ketahanan, cara ini terbilang cukup lama, yakni diperkirakan 3-8 minggu. Untuk mengurangi risiko lain seperti terkena infeksi, ada baiknya bersihkan pinset dengan alkohol sebelum dan sesudah penggunaan.

2. Gunakan Alat Cukur

Menggunakan alat cukur juga bisa menjadi pilihan, tapi seberapa baguskah hasilnya? Jika Anda termasuk orang yang tidak bisa menahan sakit, ada cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bulu dengan tingkat kesakitan hanya di level 1. Dan metode ini bisa dilakukan di bagian tubuh manapun yang diinginkan, dengan catatan harus melakukannya denga teliti dan juga hati-hati. 

Efek Samping

Sama seperti saat mencabut bulu, mencukur rambut juga memiliki efek samping. Selain bisa terluka jika tidak hati-hati, seseorang juga bisa terkena infeksi apabila alat cukur yang kamu gunakan tidak steril bahkan sampai berkarat. Mencukur juga bisa menyebabkan bulu tumbuh ke dalam.

3. Krim Penghilang Bulu

Saat ini ada krim memudahkan proses menghilangkan bulu. Krim perontok bulu atau dalam dunia medis dikenal dengan depilatori menawarkan metode menghilangkan bulu tanpa alat ataupun rasa sakit. Cara kerja krim ini adalah dengan memecah struktur protein rambut, sehingga rambut bisa keluar dan terangkat dari kulit dengan mudah saat kamu menggosokkan krimnya ke kulit.

Efek Samping

Sayangnya penggunaan krim untuk menghilangkan bulu dapat berefek iritasi pada kulit jika didiamkan terlalu lama atau jika kulit kamu termasuk kulit yang sensitif. Untuk ketahanannya sendiri berkisar 1-2 minggu.

4. Waxing

Meskipun sakit ternyata metode ini punya penggemarnya sendiri lho. Karena cara kerja waxing ini menggunakan cairan lilin yang dibalurkan ke area yang bulunya ingin dihilangkan, kemudian cairan tersebut ditutupi dengan potongan kain. Saat cairan lilin tersebut sudah mengering, kain tersebut akan di tarik dengan cepat untuk bisa mencabut bulu yang ada di area tersebut. Untuk bisa melakukan waxing, panjang bulu yang kamu miliki paling pendek sekitar 0,5 cm dan metode ini sangat tidak disarankan bagi seseorang yang memiliki kulit sensitif.

Efek Samping

Ketika melakukan waxing, efeknya adalah rasa sakit yang maksimal disertai kulit yang menjadi kemerahan. Efek samping yang paling parah adalah bisa mengalami infeksi setelah melakukan metode waxing ini. (jpc/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler