4 Fakta Menarik Duel Liverpool vs Real Madrid, Rekor Salah Dipatahkan Courtois

Minggu, 29 Mei 2022 – 10:22 WIB
Kiper Real Madrid Thibaut Courtois (jersei hijau) berusaha mengamankan gawangnya dari kebobolan. Foto: Twitter/LigadeCampeones.

jpnn.com, SAINT-DENIS - Duel Liverpool vs Real Madrid di final Liga Champions 2021/22 berjalan cukup menarik.

Aksi-aksi kelas dunia diperagakan masing-masing tim yang bermaterikan pemain kelas wahid.

BACA JUGA: Jeritan Jurgen Klopp Setelah Liverpool Dihajar Real Madrid, Hal Ini Paling Disesali

Namun, pertarungan hanya menghasilkan satu pemenang. Madrid keluar sebagai juara setelah unggul tipis 1-0 dari Liverpool.

Gol tunggal Vinicius Jr pada menit 59' sudah cukup mengantar El Real mengangkat trofi Si Kuping Besar yang ke-14 tepat di hadapan fan yang memadati Stade de France, Saint-Denis, Minggu (29/5/2022) dini hari WIB.

BACA JUGA: 5 Pemain Real Madrid yang Tampil Apik Lawan Liverpool, Nomor 2 Jimat Los Blancos

Ada sejumlah fakta menarik yang tercipta pada duel Liverpool vs Madrid. Apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini.

1. Rekor Mentereng Thibaut Courtois

Kiper Real Madrid, Thibaut Courtois tampil bak dewa penyelemat di laga ini. Dia melakukan sembilan save gemilang yang membuat gawang Los Blancos tetap 'perawan'.

BACA JUGA: Final Liga Champions: Vinicius Jr Tajam, Real Madrid Permalukan Liverpool

Berdasarkan Opta, Courtois menjadi kiper pertama yang mampu melakukan sembilan penyelematan pada satu laga final Liga Champions. Pencapaian apik Courtois ini kemudian diganjar man of the match di akhir laga.

2. Mohamed Salah Juga Bikin Rekor Apik

Sama halnya dengan Courtois, Salah juga mencatatkan sebuah rekor apik di laga tadi. Bomber asal Mesir itu melepaskan enam tembakan on target ke gawang Madrid.

Itu menjadi tembakan tepat sasaran terbanyak yang mampu diciptakan seorang pemain dalam satu laga sejak 2003/04. Namun, rekor apik Salah itu dipatahkan oleh Courtois yang tampil gemilang di final kali ini.

3. Koleksi Trofi Liga Champions Carlo Ancelotti Bertambah

Ancelotti berhasil menggenapi koleksi medali Liga Champions di rumahnya menjadi empat. Dua trofi disumbangkan untuk AC Milan (2002/03) dan dua trofi berikutnya bagi Real Madrid (2013/14, 2021/22).

Pelatih berjuluk Don Carletto itu menjadi juru taktik dengan koleksi trofi Si Kuping Besar terbanyak.

4. Temani Cristiano Ronaldo

Sebelumnya, Ronaldo menjadi satu-satunya pemain yang meraih lima gelar Liga Champions, masing-masing satu untuk Manchester United dan tiga bagi El Real.

Namun, kini Ronaldo tak sendirian lagi. Terdapat sembilan pemain Real Madrid yang mampu menyamai rekor megabintang Portugal itu. Sebut saja Karim Benzema, Luka Modric, Gareth Bale, Toni Kroos, Casemiro, Marcelo, Dani Carvajal, Nacho, dan Isco.(mcr15/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : Dhiya Muhammad El-Labib

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler