4 Negara ASEAN yang Tampil di Piala Asia 2023, 2 Tim Menanti Cukup Lama

Rabu, 15 Juni 2022 – 06:05 WIB
Para penggawa Timnas indonesia melakukan selebrasi seusai membobol gawang Nepal. Foto: PSSI.

jpnn.com, KUWAIT CITY - Lengkap sudah 24 negara yang dipastikan tampil di Piala Asia 2023. Di dalamnya terdapat empat negara ASEAN.

Keempat negara tersebut adalah Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Indonesia.

BACA JUGA: Statistik Mengerikan Timnas Indonesia yang Bikin Nepal Compang-Camping

Bagi Malaysia dan Indonesia, mereka membutuhkan waktu 15 tahun untuk kembali tampil di Piala Asia, sedangkan Thailand dan Vietnam mampu lolos ke putaran final pada edisi 2019.

Vietnam menjadi negara ASEAN pertama yang melangkah ke putaran final Piala Asia 2023.

BACA JUGA: Jalan Terjal Ginting untuk Juara Indonesia Open 2022, Laga Maut Menanti

The Golden Star tidak perlu melalui babak kualifikasi setelah tampil impresif di playoff Piala Dunia 2022 zona Asia.

Vietnam mampu bercokol di peringkat kedua Grup G dengan 17 poin, hasil dari lima kali menang, dua kali seri, dan sekali kalah.

BACA JUGA: Jadwal Indonesia Open 2022 Hari Ini: Jojo, Fajar/Rian, hingga Kento Momota Unjuk Gigi

Adapun tiga negara ASEAN berikutnya, yakni Thailand, Malaysia, dan Indonesia harus melalui kualifikasi babak ketiga untuk tampil di hajatan antarnegara Asia itu.

Thailand, Malaysia, dan Indonesia sama-sama lolos ke putaran final lewat jalur lima runner up terbaik. Ketiganya juga memiliki poin yang sama, yakni enam angka dari tiga pertandingan.

Sejatinya masih ada sejumlah negara ASEAN yang mengikuti Kualifikasi Piala Asia 2023, seperti Myanmar, Singapura, Filipina dan Kamboja. Namun, mereka semua dipastikan gagal melangkah ke putaran final.

Singapura hanya menempati posisi ketiga Grup F dengan tiga poin, sedangkan Myanmar (0 poin) tepat di bawahnya. Adapun Kamboja (1 poin) menjadi juru kunci di Grup D.

Filipina di sisi lain, sejatinya finis sebagai runner up Grup B. Namun, mereka gagal lolos ke Piala Asia 2023 karena hanya mengumpulkan empat poin, terpaut dua angka dari Hong Kong yang masuk kategori lima runner up terbaik dengan poin terendah.(mcr15/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Dhiya Muhammad El-Labib

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler