4 Skenario PDIP Menghadapi Pilwalkot Solo 2020

Selasa, 31 Desember 2019 – 14:33 WIB
Ahmad Basarah. Foto: Fathan Sinaga/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah menyebut partainya memiliki beberapa skenario untuk Pilwalkot Solo 2020.

Basarah menyebut, skenario pertama yakni PDI Perjuangan mengusung kandidat di Pilwalkot Solo dari unsur internal partai.

BACA JUGA: Puan Maharani Blak-blakan soal Peluang Gibran Rakabuming di Pilwakot Solo

"Dalam Pilkada, PDI Perjuangan mencalonkan kepala daerah dan calon wakil kepala daerah internal dengan internal, itu skenario ideal," kata Basarah ditemui di TMPN, Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (31/12).

Skenario kedua, kata Basarah, PDI Perjuangan mengusung kandidat dari unsur internal dengan eksternal. Nantinya, unsur internal ini yang menjadi calon wali kota dan eksternal sebagai calon wakil wali kota.

BACA JUGA: Ahmad Basarah Ingatkan Pentingnya Toleransi Antarumat Beragama

"Skenario ketiga, calon kepala daerah eksternal, wakilnya internal. Skenario keempat, hanya mendukung, itu biasanya terjadi di satu daerah di mana kami cuma dapat satu kursi," tutur dia.

Saat ini, kata dia, PDI Perjuangan tengah melakukan penelusuran terkait skenario yang akan dipakai di Pilwalkot Solo. Hasil sementara, skenario pertama dan kedua yang kemungkinan besar akan dipakai di Pilwalkot Solo.

BACA JUGA: Gunung Anak Krakatau Meletus, Abunya Condong ke Selatan, Jangan Mendekat

"Skenario yang paling mungkin adalah yang pertama dan kedua," timpal dia. (mg10/jpnn)


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler