4 SSK Brimob Amankan Makassar

Polrestabes Siapkan Enam Jalur Alternatif

Kamis, 03 Januari 2013 – 00:25 WIB
MAKASSAR -- Satuan Lalu Lintas Polrestabes Makassar menyiapkan enam jalur alternatif kepada pengguna jalan saat penyampaian visi dan misi bakal calon Gubernur dan bakal calon Wakil Gubernur Sulsel periode tahun 2013-2017 di kantor DPRD Provinsi Sulsel, Jalan Urip Sumohardjo, Sabtu, 5 Januari.

Enam jalur yang disiapkan itu masing-masing, melalui jalan Tol Reformasi untuk selanjutnya ke Jalan Nusantara Baru, Jalan Nusantara, dan Jalan Ujung Pandang, atau Jalan Riburane hingga Jalan Jenderal Ahmad Yani. Jalur alternatif kedua, dari arah Jl Perintis Kemerdekaan, juga demikian.

Kendaraan dapat melalui Jalan Perintis Kemerdekaan ke arah Barat untuk menuju ke pusat kota. Jalan yang dilalui seperti Jalan Antang Raya, Jalan Borong Raya, Jalan Toddopuli Raya, Jalan Emmy Saelan, kemudian Jalan Emmy Saelan, Sultan Alauddin.

Untuk kendaraan dari arah Kabupaten Gowa yang hendak ke Makassar, dapat memilih jalan Andi Tonro, Jalan Andi Kumala, dan Jalan Mallengkeri, Jalan Dg Tata, dan Jalan Cenderawasih. Jalur alternatif keempat yang disiapkan adalah jalur yang dapat dilalui kendaraan dari pusat kota.

Untuk pengguna jalan yang hendak menuju Jalan Perintis Kemerdekaan, dapat melalui Jalan Tol Reformasi, kemudian masuk ke Jalan Perintis Kemerdekaan. Kendaraan dari arah Barat dapat melalui Jalan Veteran untuk kendaraan yang ingin ke arah Timur.

Menuju Jalan Urip Sumohardjo dan Jalan Perintis Kemerdekaan dapat melalui beberapa jalan.
Seperti Jalan Sultan Alauddin, Jalan Monumen Emmy Saelan, Jalan Toddopuli Raya, Jalan Borong Raya, Jalan Antang Raya, Jalan Dr Leimena kemudian keluar di Jalan Urip Sumohardjo dan Jalan Perintis Kemerdekaan.

Bagaimana dengan pengendara atau pengemudi yang dari pusat kota yang hendak ke Kabupaten Gowa? Petugas Satlantas Polrestabes Makassar menyiapkan jalur alternatif ke Jalan Metro Tanjung Bunga, Barombong, dan masuk ke Kabupaten Gowa.

Kapolrestabes Makassar, Kombes Wisnu Sandjaja, Rabu, 2 Januari mengatakan, jajaran Polrestabes telah menyiapkan personel pengamanan penyampaian visi dan misi calon gubernur dan calon wagub Sulsel.

Kekuatan personel yang disiagakan sebanyak 2.560 orang. Masing-masing adalah Polda Sulsel, 212 orang, Polrestabes Makassar 857, Brimob Mabes Polri 4 SSK, dan lainnya.

Pengamanan di lokasi akan dilakukan berlapis. Ring 1 berada di lokasi penyampaian visi dan misi, ring 2 berada di halaman parkir Gedung DPRD Sulsel, Ring 3 berada di depan Gedung DPRD, Ring 4 berada di area terluar. "Ada sekitar 40 objek vital yang diamankan," paparnya.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Endi Sutendi, menambahkan, pihaknya berharap masing-masing kandidat untuk menaati seluruh aturan yang sudah disepakati. "Pelaksanaan pilgub ini harus berjalan lancar dan aman, tanpa ada gangguan sedikitpun," bebernya.

Kasatlantas Polrestabes Makassar, AKBP Lafri Prasetyono mengatakan, pihaknya juga telah menyiapkan beberapa lokasi untuk parkir. Seperti di eks Kebun Binatang, Gedung Keuangan, dan di depan Gedung Pascasarjana UMI. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... DPR Dukung Biaya Nikah Gratis

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler