4 Tips Cegah Stroke Pada Anak Muda

Kamis, 12 November 2020 – 06:59 WIB
Ilustrasi logo stroke. Foto:Antara

jpnn.com, JAKARTA - APA yang bisa Anda lakukan untuk mencegah stroke? Stroke kini tidak memandang usia. Siapapun bisa terkena stroke saat ini, termasuk anak-anak muda.

Ada banyak faktor risiko stroke lain yang bisa Anda kendalikan asalkan kamu menyadarinya. Pengetahuan adalah kekuatan.

BACA JUGA: Waspada, Serangan Heat Stroke Saat Cuaca Panas

Jika Anda mengetahui faktor risiko tertentu menyabotase kesehatan Anda dan membuatmu rentan terhadap risiko stroke yang lebih tinggi, kamu bisa mengambil langkah-langkah untuk mengurangi efek risiko tersebut.

Berikut ini beberapa tips mencegah stroke pada anak muda, seperti dilansir laman Genpi.co.

BACA JUGA: Tidur Siang Efektif Turunkan Risiko Serangan Jantung dan Stroke?

1. Batasi konsumsi garam

Bagi yang memiliki riwayat penyakit ini, maka sebaiknya hindari penggunaan garam yang berlebihan serta konsumsi makanan atau minuman yang mengandung natrium tinggi.

BACA JUGA: Vaping dan Merokok Dapat Meningkatkan Risiko Stroke

Jumlah natrium yang tinggi yang ada di dalam garam serta makanan kemasan merupakan salah satu pemicu munculnya gangguan pembuluh darah yang terjadi pada tubuh.

2. Rutin berolahraga

Sebuah studi menemukan, berjalan dua jam per hari bisa mengurangi risiko perempuan menderita stroke sekitar 50 persen.

Lebih dari itu, aktif melakukan aktivitas fisik bisa meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan menurunkan tekanan darah. Kedua hal ini berhubungan erat dengan risiko stroke.

3. Makanan sehat dan higenis

Mengonsumsi makanan sehat dan menjaga diri tetap rileks juga menjadi upaya lainnya untuk membuang jauh-jauh risiko terkena stroke.

Penelitian telah memperlihatkan konsumsi buah-buahan dan sayuran lalu kacang-kacangan serta ikan mampu mengurangi risiko stroke secara signifikan.

4. Kurangi stres

Jika Anda merasa berat menjalani gaya hidup sehat karena terlalu banyak kebiasaan buruk yang harus diubah, hal pertama yang perlu dilakukan adalah rileks dan kurangi stres.

Penelitian menemukan stres yang tinggi berhubungan dengan tekanan darah yang lebih tinggi dan ini memunculkan risiko stroke lebih besar, terutama pada perempuan.

Bila stres melanda, coba perlahan kurangi kadarnya misalnya dengan melakukan hal-hal sederhana yang disukai, di antaranya mandi, berjalan-jalan, pergi ke pusat kebugaran dan lainnya.(genpi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler