5 Bahan Alami Ini Baik Untuk Merawat Rambut Rontok

Selasa, 11 Februari 2020 – 20:14 WIB
Penyebab rambut rontok. Foto: Xpose.ie

jpnn.com - Setiap orang tentu mendambakan memiliki rambut indah, tidka berketombe dan rontok. Namun, jangan putus asa terlebih dulu untuk mengatasi masalah rambut rontok.

Ada beberapa tanaman yang bisa Anda gunakan sebagai zat untuk merawat rambut rontok secara alami.

BACA JUGA: Polusi Udara Ternyata Bisa Membuat Rambut Rontok

1. Bahan alami lidah buaya untuk rambut rontok

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat rambut rontok adalah lidah buaya. Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa lidah buaya dipercaya berkhasiat untuk kesehatan rambut. 

BACA JUGA: Ini Penyebab Tersering Rambut Mudah Rontok

Mulai dari mengurangi gatal hingga mengurangi ketombe bisa Anda peroleh dari lidah buaya. Bahkan, menurut National Center for Complementary and Integrative Health, lidah buaya sudah sering digunakan untuk mengatasi masalah kerontokan. 

Hal ini mungkin dikarenakan tanaman berwarna hijau ini mengandung vitamin A, C, dan E yang berkontribusi terhadap pergantian dan pertumbuhan sel.

BACA JUGA: Ketahui 5 Penyebab Rambut Rontok

Selain itu, lidah buaya juga kaya akan vitamin B12 dan asam folat yang dipercaya dapat mencegah rambut rontok. Sifat anti peradangan yang dimiliki oleh lidah buaya pun dapat memperlancar aliran darah di kulit.

Jika sirkulasi darah lancar ke kulit kepala lancar, kerusakan dan kerontokan rambut mungkin akan berkurang karena rambut lebih cepat tumbuh. 

Walaupun demikian, masih diperlukan penelitian lebih dalam lagi, apakah lidah buaya efektif dijadikan bahan alami untuk merawat rambut yang lepas dari kepala. 

2. Bahan alami dari minyak kelapa untuk rambut rontok

Selain lidah buaya, bahan lainnya untuk merawat rambut rontok adalah minyak kelapa. Hal ini dibuktikan melalui penelitian dari Asian Journal of Pharmaceutical and Clinical Research. 

Dalam penelitian tersebut dikemukakan bahwa produk perawatan rambut yang mengandung minyak kelapa dapat meningkatkan pertumbuhan dan ketebalan rambut. 

Kedua keuntungan tersebut dapat terjadi karena adanya asam lemak pada minyak kelapa yang dapat menembus batang rambut. Bahkan, penggunaan minyak kelapa juga membuat rambut tidak kehilangan protein dalam jumlah yang banyak. 

Anda dapat menggunakan minyak kelapa untuk merawat rambut rontok dalam berbagai cara, seperti:

  • Kondisioner
  • Masker rambut
  • Pelindung rambut sebelum keramas

Namun, jangan lupa untuk selalu memperhatikan instruksi pemakaian minyak kelapa sebagai bahan untuk merawat rambut rontok.

3. Minyak ikan

Tahukah Anda bahwa khasiat minyak ikan ternyata tidak hanya untuk meningkatkan kemampuan otak, melainkan juga membantu mengatasi kerontokan? 

Sebagai salah satu bahan untuk merawat rambut rontok, minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 yang berperan besar dalam pertumbuhan rambut. 

Dalam sebuah penelitian dari International Journal of Molecular Sciences tahun 2018, penggunaan minyak ikan kembung dapat dipakai untuk menumbuhkan rambut. 

Ekstrak minyak tersebut dapat mengatur pertumbuhan rambut dan perkembangan siklus sel, sehingga rambut lebih kuat dan cepat tumbuh. 

Hal ini mungkin dikarenakan asam lemak omega-3 memiliki senyawa yang bersifat antioksidan yang membantu meningkatkan ketebalan rambut. 

Oleh karena itu, rutin mengonsumsi suplemen minyak ikan sesuai dengan aturan pakai dapat menyehatkan tubuh dan rambut Anda. 

4. Ginseng

Sebagai tanaman herbal asal Korea yang menawarkan banyak khasiat, ginseng ternyata dapat digunakan sebagai bahan untuk merawat rambut rontok. 

Akar tanaman ginseng sudah dipakai sejak ribuan tahun lamanya dalam pengobatan tradisional, termasuk mengatasi kerontokan. Bagaimana bisa?

Menurut penelitian dari International Journal of Molecular Sciences, kandungan ginsenosida pada ginseng cukup terlibat dalam siklus pertumbuhan rambut. 

Senyawa tersebut ternyata dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan dengan menginduksi anagen (tumbuh aktif) dan menunda katagen. Maka itu, ginseng disebut-sebut sebagai bahan untuk mengatasi rambut rontok yang dapat berujung dengan kebotakan.

5. Jus bawang

Tidak hanya digunakan sebagai bumbu masakan, ternyata bawang juga berguna sebagai bahan alami untuk merawat rambut rontok. Namun, tentu saja Anda tidak mengaplikasikannya mentah-mentah. 

Anda perlu mengubah irisan bawang menjadi jus yang nantinya dioleskan pada kulit kepala demi rambut yang lebih kuat dan tidak rontok. 

Seperti yang dilansir dari penelitian Journal of Dermatology, jus bawang berhasil mengatasi kebotakan melalui peningkatan pertumbuhan rambut. Selain itu, jus yang mengeluarkan bau yang khas ini juga meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, sehingga mempercepat proses pertumbuhan. 

Anda bisa memulai dengan mencampur beberapa bawang dan memeras airnya. Kemudian, oleskan cairan tersebut ke kulit kepala dan rambut. 

Terakhir, biarkan selama 15 menit dan bilas rambut dengan sampo seperti biasanya. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan jus bawang sebagai bahan alami untuk mengatasi rambut rontok. 

Jika bahan alami di atas tidak memiliki khasiat apapun untuk merawat rambut rontok, mungkin sudah saatnya untuk berkonsultasi dengan dokter. Hal ini bertujuan agar Anda mendapatkan perawatan yang tepat, sehingga terhindar dari kebotakan.(HelloSehat)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler