5 Bahan Alami Pembersih Wajah

Selasa, 04 Desember 2018 – 23:14 WIB
Manfaat buah delima untuk merawat kesehatan wajah. Foto: pinterest

jpnn.com - Semua wanita pasti menginginkan memiliki wajah sehat dan terawat tanpa masalah kulit. Banyak cara dilakukan kaum hawa untuk tetap menjaga kecantikan kulit wajahnya.

Salah satunya dengan melakukan perawatan rutin di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami.

BACA JUGA: 4 Bahan Alami Ini Bakal Bikin Wajah Putih Berseri

Dengan bahan alami, tentu tak perlu khawatir akan merusak bagian kulit wajah. Namun, Anda harus memilih bahan alami sesuai dengan kebutuhan wajah.

Berikut 5 rekomendasi pembersih wajah yang dapat digunakan di rumah dari bahan alami seperti dilansir dari Reader's Digest, Selasa (4/12).

BACA JUGA: Ini Pembersih Wajah yang Tepat untuk Kulit Anda

1. Pembersih Wajah Coconut Oil

Minyak kelapa dapat menghilangkan kilau yang muncul di penghujung hari tanpa memisahkan kulit Anda dari minyak alami. Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri dan antijamur alami,  pelembab yang efektif, dan sangat bagus untuk dermatitis atopik. Namun, jika Anda memiliki kulit yang rentan jerawat, jauhkan minyak kelapa kecuali Anda tahu bahwa wajah Anda dapat mentolerirnya.

Cara memakainya pijatkan minyak kelapa ke wajah Anda selama sekitar 30 detik, kemudian oleskan handuk hangat ke wajah Anda untuk membuka pori-pori Anda. Tunggu sekitar 15-30 detik, kemudian bersihkan minyak dengan menepuk-nepuk dengan kain lap.

2. Pembersih Wajah Cuka Sari Apel

Cuka sari apel dapat membantu memulihkan tingkat pH kulit Anda untuk membantu meredakan jerawat, mencegah pori-pori tersumbat, dan menjaga kulit menjadi terlalu kering atau terlalu berminyak. PH-nya sekitar 5,5 sangat dekat dengan pH ideal kulit manusia.

Campurkan cuka sari apel dengan air, dan kocok dengan baik. Oleskan ke wajah yang bersih dengan bola kapas atau pad. Setelah kulit Anda mengering, kenakan pelembab harian Anda yang biasa.

3. Pembersih Wajah Lemon dan Madu

Madu dan lemon merupakanq pelembab alami dan antiseptik, kombinasi yang menenangkan dan bersih sempurna untuk pembersih wajah yang alami. Madu secara alami bersifat antibakteri dan penuh antioksidan, yang terbukti mencegah jerawat dan memperlambat proses penuaan kulit Anda.

Campurkan 2 sendok teh madu dan 1 sendok teh jus lemon segar. Lalu ratakan lapisan tipis ke wajah dan leher Anda. Biarkan campuran itu sampai kering, lalu bilas dengan air hangat.

4. Pembersih Wajah Yogurt

Yogurt adalah pembersih wajah alami yang sempurna, kaya protein dan asam laktat. Senyawa-senyawa tersebut bekerja bersama untuk membantu detoksifikasi kulit.

Menerapkan asam laktat secara teratur mendorong kulit Anda untuk menyingkirkan sel-sel mati melalui pengelupasan kulit, dan protein membantu mengencangkan pori-pori, mengurangi munculnya garis-garis halus, dan melembabkan.

Pijat perlahan-lahan sedikit yogurt polos ke wajah Anda yang bersih menggunakan ujung jari Anda. Cara ini akan membantu membersihkan kotoran atau riasan. Biarkan yogurt selama 5-10 menit, lalu bersihkan dengan air hangat dan handuk.

5. Pembersih Wajah Anggur

Beberapa penelitian kecil telah menemukan bahwa phytonutrients di anggur dapat membantu melindungi sel kulit dari radiasi UV yang berbahaya. Anggur juga mengandung vitamin C, yang terbukti membantu membentuk kolagen, protein yang meningkatkan elastisitas kulit dan membuat Anda terlihat muda.

Siapkan 4 buah anggur besar (merah atau hijau), lepaskan biji-bijinya. Kemudian gosok di wajah dan leher Anda. Ini akan mengurangi kondisi kulit Anda yang kekeringan. Bilas dengan air dingin. (Inr/JPC)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler