5 Fakta Kisah Hidup Oscar Lawalata: Saya Transgender

Selasa, 18 Agustus 2020 – 06:30 WIB
Oscar Lawalata memilih menjadi transgender wanita. Foto: Instagram OscarLawalata

jpnn.com - OSCAR Lawalata akhirnya buka suara mengungkapkan kisah hidupnya sebagai transgender. Sebelumnya, status gender Oscar diungkapkan ibunya mantan bintang sinetron dan film Lenong Rumpi, Reggy Lawalata.

Dalam Channel YouTube berjudul Untold Story Reggy Lawalata - Anakku Feminin, dia menceritakan kisah hidup anak sulungnya tersebut.

BACA JUGA: Kisah Hidup Transgender, Dulu Bernama Amalia, Sekarang Menjadi Pria dengan Nama Amar Al-Fikar

Desainer Oscar Lawalata terlahir sebagai pria di Pekanbaru, Riau, 1 September 1977. Namun, 5 tahun belakangan ini, putra bekas ini memilih menjadi transgender.

"Pilihan gender Oscar itu wanita," kata Reggy Lawalata.
 
Setelah curhatan sang ibu viral, giliran Oscar Lawalata yang berbicara langsung ke publik meski lewat kanal YouTube The Lawalata, yang diberi judul Untold Story Oscar Lawalata - Merdeka Diri!.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Persimpangan Jalan juga Disebut Mirip Salib? Ruhut Sikat Amien Rais, Kisah Transgender

Dalam video yang dipublikasikan pada Minggu 16 Agustus 2020 pukul 19.00 WIB, Oscar Lawalata mengaku sebagai transgender. Video tersebut sudah ditonton lebih dari puluhan juta kali.

Berikut ini 5 fakta pengakuan Oscar Lawalata: Saya Transgender.

BACA JUGA: Oscar Lawalata Pilih Jadi Perempuan, Begini Pengakuan Ibunda

1. Feminin sejak kecil

Sejak kecil pria 42 tahun ini berbeda dari cowok lainnya. Dia pun mendeskripsikan pribadinya sebagai sosok yang unik dan tak bisa ditebak. Termasuk dalam soal pemikiran.

"Cara berpikir saya itu tidak pada umumnya. Kalau ditanya bagaimana, saya sendiri tidak tahu ya. Karena jiwa itu sudah ada di dalam situ," kata Oscar.

 



Oscar Lawalata sering disebut mirip Dian Sastro. Foto: Instagram

2. Pergulatan batin untuk mengaku pada keluarga

Keadaannya yang berbeda sejak kecil membuat keluarga tak mudah menerima Oscar Lawalata begitu saja. Dia mengatakan, dari luar keberadaan dia dengan sang ibu bersama adiknya memang tampak harmonis.

"Perjalanannya nggak seperti itu. Ada prosesnya sampai saling mengenal satu sama lain," ungkap Oscar Lawalata.

Dia mengalami penilaian-penilaian yang sulit diterima meski keluarganya mengaku menerima keadaan dirinya yang berbeda sebagai lelaki yang feminin.

3. Memilih sebagai transgender

Oscar Lawalata menyebut dirinya adalah seorang transgender. Hal ini dia ketahui sejak kecil. Dia pun mempelajari pengetahuan soal transgender sejak 5 tahun lalu.

"Saya tahu dari kecil saya transgender. Tapi setelah saya memperlajari lima tahun lalu siapa saya, dari situ saya tahu saya transgender," tuturnya.

Oscar mengatakan selama ini banyak orang menilai transgender maupun gay atau lesbian dan waria adalah sama. Ia menyebut masing-masing berbeda.

Oscar Lawalata bersama kekasihnya. Foto: Instagram

4. Cinta dan pernikahan

Pandangan berbeda juga dipegang oleh Oscar Lawalata soal pernikahan dan cinta. Dia menyebut menikah hanya label dan pengesahan secara formal di atas kertas dalam sebuah hubungan.

"Nikah itu kertas ya. Clear, secara harta, gono-gini, nafkah dan sebagainya jadi dia ngerasa aman. Tetapi kalau untuk saya, kalau orang benar-benar cinta sama saya, saya nggak perlu amankan dia," ungkap Oscar.

Dia memegang prinsip cinta murni seperti genggaman pasir di tangan. "Buat saya, cinta itu seperti pasir. Makin kuat digenggam lama-lama pasirnya habis. Tapi kalau ditaruh di tangan, ya udah dia nggak akan ke mana-mana, kecuali ditiup angin," tuturnya.

5. Panggil Nama atau Kak

Sejak dulu Oscar Lawalata senang berpakaian seperti perempuan kemana pun dia pergi. Tak sedikit yang memanggilnya dengan sapaan terhadap perempuan seperti 'Mbak' atau 'Bu'.

Perihal soal sapaan yang diterimanya kala berada di tempat umum, Oscar Lawalata tak membatasi atau menginginkan dirinya disapa dengan sebutan khusus dari salah satu gender.

"Kalau tanya prefer (nyaman) memanggil saya apa, panggil saya nama aja, atau panggil saya Kak," tukas Oscar Lawalata. ( ngopibareng/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler