5 Fakta Menarik Lechia Gdansk, Klub Baru Egy Maulana Vikri

Sabtu, 10 Maret 2018 – 12:35 WIB
Kelompok supporter militan Lechia Gdansk. Foto: Ipsofootball

jpnn.com, JAKARTA - Pemain bintang timnas U19, Egy Maulana Vikri memastikan berlabuh di klub divisi utama Polandia, Lechia Gdansk. Sabtu (10/3) pihak Lechia akan mengumumkan secara resmi kontrak dengan pemain berusia 17 tahun itu. Berikut lima fakta menarik tentang Lechia Gdansk.

 

BACA JUGA: Mantap, Egy Akan Bermain Bersama Mantan Winger Juventus

1. Berdiri Tahun 1945 

Klub pilihan Egy ini rupanya seusia dengan Republik Indonesia. Lechia Gdansk merupakan salah satu klub sepakbola yang menjadi simbol perlawanan rakyat Polandia terhadap  penjajahan Rusia tahun 1920-an, melawan rezim NAZI Jerman, dan melawan rezim komunis di bawah kendali Soviet sepanjang era 1970-1980an.

BACA JUGA: Sosmed Klub Polandia Ini Diserbu Fans Egy Maulana Vikri

 

2. Memiliki Kelompok Pendukung yang Militan

BACA JUGA: Ini Dia Klub Polandia Pilihan Egy Maulana Vikri

Klub Sepakbola tanpa fans yang loyal adalah hambar. Seantero Polandia sudah mengenal nama "Ultras Lechia", sebuah kelompok pendukung klub Lechia Gdansk yang sangat militan. Mereka selalu ada saat pertandingan kandang maupun tandang. Kebanyakan personil Ultras Lechia juga anggota gerakan pro demokrasi Polandia bernama Solidarnosc. 

 

3. Sempat Terlempar ke Kasta Terendah Liga Polandia

Lechia Gdansk memang bukan kesebelasan dengan prestasi mentereng, banyak bermain di divisi bawah, bahkan sempat terjun bebas ke divisi 5, kasta terendah dalam kancah sepakbola Polandia. Prestasi terbesar Lechia adalah menjuarai Polish Cup 1983 dan masuk kualifikasi Piala Winners 1983.

 

4. Markas yang Angker Bagi Klub Tamu

Stadion PGE Arena Gdank yang berkapasitas 43.615 penonton menjadi tempat yang menakutkan bagi lawan. Semangat tim Lechia Gdansk berlipat ganda saat menjalani laga kandang. Salah satu yang masih diingat supporter Lechia, ketika tim mereka mengalahkan Juventus 3-2 dalam laga kualifikasi Piala Winners 1983.

 

5. Terletak di Kota Pelabuhan

Dalam catatan sejarah, Gdansk menjadi kota yang kerap diperebutkan banyak negara. Gdansk pernah berada di bawah kekuasaan Rusia, Jerman bahkan pernah memisahkan diri dari Republik  Polandia. Letaknya yang strategis menjadi sebab Gdansk diperebutkan banyak kekuatan. Kota itu merupakan wilayah pelabuhan yang terletak di pantai Baltik Polandia. Kota pelabuhan yang disinggahi kapal dagang dari berbagai negara. (mg9/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lechia Gdansk hanya Batu Loncatan Egy Menuju Liga Spanyol


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler