5 Fakta Mengejutkan Cuka Sari Apel

Selasa, 05 Juni 2018 – 09:00 WIB
Ilustrasi cuka sari apel. (Foto: Ist/jpnn)

jpnn.com - Minum campuran cuka sari apel satu sampai dua sendok teh dengan segelas air setiap hari bisa menurunkan berat badan. Demikian salah satu klaim mengenai manfaat cuka sari apel yang sedang booming.

Masih banyak klaim-klaim lainnya yang beredar, membuat cuka sari apel menjadi sangat terkenal dan sangat laku di pasaran.

BACA JUGA: 5 Cara Alami Menghilangkan Selulit Membandel

Benarkah klaim-klaim tersebut? Nah, berikut ini beberapa hal yang Anda perlu ketahui tentang cuka sari apel, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Minggu (3/6).

1. Bisa membuat Anda mual

BACA JUGA: 6 Manfaat Manfaat cuka sari apel untuk kesehatan

Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity menemukan bahwa mengonsumsi cuka sari apel saat sarapan meningkatkan rasa kenyang, tetapi itu bukan karena beberapa efek sihir.

Menurut para peneliti, penurunan nafsu makan sebagian besar karena perasaan mual setelah menenggak larutan cuka.

BACA JUGA: Atasi Gatal pada Miss V dengan 4 Langkah Ini

Tidak ada yang merasa ingin makan ketika mereka mual. Anda kemungkinan akan mencapai efek yang sama dari terkena flu perut.

2. Gigi Anda mungkin menderita

Minum terlalu banyak cuka sari apel juga bisa berakibat buruk bagi gigi Anda. Bahkan kopi dan jeruk bisa merusak email Anda, jadi solusi yang lebih kuat hanya akan memperburuk keadaan.

3. Apakah cuka sari apel benar-benar membantu Anda menurunkan berat badan?

Beberapa orang lebih tertarik pada cairan sebagai penghasil nutrisi daripada cara untuk mengurangi berat badan, tetapi bahkan manfaat yang seharusnya ini tidak bertahan.

Anda bisa dengan mudah melihat apa yang terkandung dalam cuka sari apel dengan melihat basis data nutrisi USDA.

4. Bisa membantu diabetes

Ketika datang ke kemampuan cuka sari untuk meringankan diabetes, ada beberapa bukti yang menunjukkan cuka sari apel memang bisa membantu.

Satu ulasan terbaru melaporkan cuka sari apel membantu mengontrol gula darah. Namun, para peneliti mengakui efeknya lebih nyata bagi mereka yang tidak menderita diabetes.

Satu contoh dari tahun 2005 menemukan mengonsumsi cuka sari apel dengan sarapan roti putih membantu meminimalkan perubahan gula darah setelah makan.

Klaim tentang kemampuan cuka sari apel untuk meningkatkan kesehatan jantung juga tidak bertahan.

Apa pun yang Anda baca online tentang bagaimana cara menyembuhkan hipertensi, satu-satunya studi yang Anda temukan melibatkan hewan.

Hingga ada penelitian yang melibatkan subjek manusia, tidak ada cara untuk mengetahui apakah cuka sari apel bisa memengaruhi ticker Anda secara positif.

5. Anda bisa mencobanya untuk mengobati jerawat

Pindah ke perawatan kecantikan menggunakan cuka sari apel, sebenarnya tidak ada penelitian untuk mengatakan yay atau nay.

Jika Anda ingin mencoba bahan untuk memerangi jerawat, dokter kulit Dr. Diane Walder mengatakan di situs webnya mungkin tidak ada salahnya bereksperimen.

Pastikan Anda mencairkan cuka dengan air terlebih dahulu untuk meminimalkan kemungkinan iritasi kulit Anda.

Karena cuka sari apel bisa membantu membunuh bakteri, mungkin lebih baik digunakan sebagai pembersih rumah tangga.

Ingatlah, produk pemutih biasanya lebih efektif, tetapi larutan cuka adalah alternatif yang bagus bagi mereka yang lebih suka menggunakan sesuatu yang lebih alami.

Menurut SFGate, campuran air dan cuka bagian yang sama bisa digunakan untuk sebagian besar permukaan di rumah Anda. (fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 5 Minuman Detoks Terbaik untuk Kesehatan Anda


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler