5 Hal Paling Ditunggu di MTV Video Music Awards 2017

Senin, 28 Agustus 2017 – 01:49 WIB
MTV Video Music Awards 2017. Foto: MTV

jpnn.com - Sepanjang sejarahnya, MTV Video Music Awards (VMAs) tak hanya tentang penghargaan musik. Acara tahunan itu juga diisi dengan drama dan kontroversi di atas panggung.

Paling fenomenal ketika Kanye West menginterupsi Taylor Swift pada 2009. Tahun ini acara digelar di arena The Forum, Inglewood, California. Sebelum menyaksikannya besok pagi WIB, ini hal yang wajib diketahui:

BACA JUGA: Ini Daftar Artis yang Bakal Tampil di MTV VMA 2017

 

1. Perry Si Moonwoman

Penyanyi yang Kamis lalu (24/8) merilis klip lagu Swish Swish itu ditunjuk menjadi pembawa acara. Pada 28 Juli lalu, Katy Perry mengunggah video teaser MTV VMA 2017 di Instagram-nya. Dia mengenakan spacesuit lengkap dengan helm dan roket di kakinya. Perry melayang-layang seperti di luar angkasa. Perry menjuluki dirinya Moonwoman. ’’Saya sudah berlatih dengan MTV di zero-gravity, makan es krim astronot, dan berada di grup chat dengan Buzz Aldrin dan Neil deGrasse Tyson,’’ tulisnya pada caption. Selain menjadi host, dia dijadwalkan menampilkan lagunya, Chained to the Rhythm.

 

2. Lamar Pimpin Nominasi

Sama dengan MTV Movie and TV Awards yang digelar Mei lalu, MTV VMAs tak akan lagi memberikan penghargaan berdasar gender. Tak ada lagi Best Female Video dan Best Male Video. Baik musisi laki-laki maupun perempuan masuk satu kategori nominasi. Kendrick Lamar mendominasi dengan delapan nominasi. Di antaranya, Artist of the Year dan Video of the Year untuk lagu Humble.

Lagu itu juga masuk nominasi Best Hip-Hop, Best Cinematography, Best Direction, Best Art Direction, Best Visual Effects, dan Best Choreography. Untuk nominasi Artist of the Year, Lamar bersaing dengan Bruno Mars, Ed Sheeran, Ariana Grande, The Weeknd, dan Lorde. Nomine terbanyak kedua adalah Katy Perry dan The Weeknd yang sama-sama masuk dalam lima nominasi. Selain itu, Pink akan menerima penghargaan Michael Jackson Video Vanguard Award.

 

3. Prediksi Moon Person

Karena tak ada lagi pembedaan gender, nama trofi Moonman juga diubah menjadi Moon Person. ’’Kenapa itu harus pria? Itu bisa saja seorang perempuan, bisa saja transgender, bisa jadi nonkonformis,’’ kata Presiden MTV Chris McCarthy.

Cukup sulit menebak siapa yang akan memenangkan tiap-tiap kategori. Dilansir dari Billboard, analisis data dari Instagram cukup memberikan gambaran. Instagram membuat total jumlah Story, caption, dan komentar yang memuat judul lagu dan penyanyinya. Penjumlahan itu dihitung sejak nominasi dirilis Juli lalu. Setelah di-ranking, lagu Wild Thoughts milik DJ Khaled feat Rihanna dan Bryson Tiller menjadi kandidat terkuat kategori Video of the Year. Sedangkan Lorde menjadi frontrunner Artist of the Year dan SZA masuk nominasi terkuat Best New Artist.

 

4. Kategori Baru

Selain menghapus kategori gender, MTV VMAs mengenalkan kategori baru. Yakni, Best Fight Against the System. Sebetulnya tak benar-benar baru. Pada 2011, MTV pernah membuat kategori Best Video a Social Message. Namun, kategori itu dihapus pada 2016. Kategori tersebut dibuat untuk mengapresiasi musik yang berkaitan dengan isu sosial tetapi tak mendapat perhatian secara mainstream. Beberapa yang masuk nominasi adalah Stand Up/Stand N Rock #NoDAPL dari Shailene Woodley dan Taboo. Serta Immigrants (We Get the Job Done) yang dibawakan Riz Ahmed, Snow Tha Product, Residente, dan K’naan.

 

5. Klip Swift

Mengingat begitu banyak drama yang dilakukannya di MTV VMAs tahun-tahun sebelumnya, kehadiran Swift tentu saja sangat ditunggu. Kalau Swift datang, berarti dia akan berbagi panggung dengan Perry yang merupakan seterunya. Namun, hal itu sangat mungkin tak terjadi. ”Dia telah hadir di acara ini beberapa kali. Tapi tidak untuk saat ini,” kata Jesse Ignjatovic, executive producer acara. Tapi, Swifties tak perlu sedih. Klip lagu pertama dari album Reputation, Look What You Made Me Do, bakal diputar untuk kali pertama. (adn/c17/ayi)


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler