5 Khasiat Minyak Kelapa, Diabetes Langsung Tak Berkutik

Sabtu, 01 Januari 2022 – 07:01 WIB
Minyak kelapa

jpnn.com, JAKARTA - MINYAK kelapa biasanya digunakan sebagai minyak untuk menumis makanan, bahkan sebagai salah satu bahan alami kecantikan wanita.

Minyak kelapa banyak disukai karena manfaat sehatnya, tidak hanya untuk kecantikan, tetapi juga mengatasi beberapa penyakit.

BACA JUGA: 3 Khasiat Minyak Kelapa Campur Madu, Wanita Pasti Suka

Minyak kelapa (juga dikenal sebagai minyak kopra), adalah minyak nabati yang diekstraksi dari inti kelapa matang yang dipanen dari pohon kelapa.

Minyak kelapa murni mengandung sekitar 92 persen lemak jenuh, yang merupakan salah satu komposisi tertinggi di antara makanan dan minyak yang mengandung lemak jenuh.

BACA JUGA: 6 Khasiat Minyak Kelapa Campur Madu, Wanita Pasti Suka

Sama seperti lemak lainnya, minyak kelapa juga merupakan campuran dari asam lemak.

Asam laurat dan miristat adalah dua asam lemak utama yang ada dalam minyak (44 persen asam laurat dan 16,8 persen asam miristat), yang bertanggung jawab atas sebagian besar manfaat sehat yang diberikan minyak ini.

BACA JUGA: 3 Manfaat Minyak Kelapa, Wanita Pasti Bahagia

Berikut ini beberapa manfaat minyak kelapa untuk kesehatan, seperti dikutip laman Stylecraze.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Minyak kelapa adalah salah satu sumber terkaya trigliserida rantai atau medium chain triglycerides menengah (MCT), yang bisa membantu memangkas kelebihan lemak tubuh.

Juga telah ditemukan, konsumsi minyak yang kaya trigliserida rantai menengah menghasilkan tingkat penurunan berat badan yang lebih besar, dibandingkan dengan minyak yang kaya trigliserida rantai panjang.

Selain itu, apa yang membuat minyak kelapa aman untuk mendorong penurunan berat badan adalah ini, MCT bisa dimasukkan ke dalam diet seseorang tanpa takut terkena penyakit kardiovaskular.

Dalam satu penelitian yang dilakukan oleh Universitas Columbia dan Pusat Penelitian Obesitas New York, para peserta diminta untuk mengonsumsi sekitar 24 gram MCT setiap hari sebagai bagian dari program penurunan berat badan selama 16 minggu.

Para peneliti menemukan mengganti minyak yang mengandung trigliserida rantai panjang (seperti minyak zaitun) dengan yang mengandung trigliserida rantai menengah bisa menghasilkan penurunan berat badan yang sehat.

2. Baik untuk Pencernaan

Jika sistem pencernaan Anda berfungsi secara optimal, kamu bisa mencegah sebagian besar penyakit umum.

Bagaimana Anda bisa memastikan sistem pencernaan yang sehat?

Sederhana saja, dengan menggunakan minyak kelapa. MCT hadir dalam minyak kelapa memiliki sifat antibakteri, yang membantu dalam menangani berbagai mikroba yang menyebabkan gangguan pencernaan.

MCT, selain mudah diserap di saluran pencernaan, bahkan memungkinkan nutrisi lain bisa diserap dengan lancar.

Mereka juga membantu mengobati penyakit pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar dan penyakit crohn.

Minyak kelapa dan mentega kelapa, selain memiliki sifat antimikroba, juga membantu menyembuhkan lapisan usus.

3. Membantu Mengatasi Diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit paling umum yang mengganggu umat manusia saat ini.

Namun, ada kabar baik, minyak kelapa bisa membantu melawan diabetes.

Kita sekali lagi harus berterima kasih kepada MCT untuk ini. Telah terbukti diet tinggi MCT bisa meningkatkan toleransi glukosa dan juga mengurangi akumulasi lemak tubuh.

Minyak kelapa juga membantu mengatur kadar gula darah yang meminimalkan efek penyakit

Dalam sebuah penelitian, terungkap minyak kelapa bisa meningkatkan fungsi otak pada individu yang menderita diabetes tipe 1.

Studi lain yang dilakukan pada tahun 2010 pada tikus diabetes tipe 2 telah mengungkap fakta asam laurat yang ada dalam minyak kelapa bisa membantu mengatasi penyakit tersebut.

MCFA (asam lemak rantai menengah) juga telah terbukti mempertahankan resistensi insulin dalam penelitian tertentu yang dilakukan pada tikus.

4. Membantu Mengurangi Kejang

Kita tahu bagaimana rupa seorang pasien yang menderita epilepsi, bukan? Kejang yang sering terjadi membuat hidup pasien sengsara.

MCT, tidak seperti LCT (trigliserida rantai panjang), tidak bergantung pada garam empedu untuk metabolismenya.

Dengan kata lain, MCT melewati proses reguler metabolisme empedu dan langsung masuk ke hati.

Di sini, mereka dipecah menjadi zat yang disebut keton, yang berfungsi sebagai bahan bakar ke otak dan menawarkan pasokan energi yang stabil.

5. Membantu Mengatasi Alzheimer

Bicara tentang demensia, penyakit Alzheimer ternyata menjadi penyebab paling umum.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena minyak kelapa telah ditemukan mampu meningkatkan fungsi otak pada orang yang menderita Alzheimer.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler