5 Kiat Agar Mesra lagi usai Bertengkar dengan Pasangan

Selasa, 26 Februari 2019 – 17:39 WIB
Ilustrasi pasangan kekasih

jpnn.com - Tak ada hubungan yang diisi dengan masalah karena perbedaan. Namun, masalah perbedaan itu pula yang bisa menyatukan dua manusia.

Maka, jika sudah bertengkar ada baiknya salah satu pihak mengalah agar masalah tidak semakin meruncing. Bersikap dewasa ketika bertengkar dengan pasangan adalah cara paling bijaksana.

BACA JUGA: 3 Kiat Sederhana Menjaga Hubungan tetap Langgeng

Banyak orang mengatakan, biasanya usai bertengkar pasangan justru akan kembali mesra dan lengket. Sehingga pertengkaran seringkali dianggap bumbu dalam sebuah hubungan. sebab bisa berakibat buruk dalam hubungan yang tak sehat.

Dilansir dari YourTango, Selasa (26/2), ada cara mudah agar pasangan bisa lebih mesra pasca pertengkaran dan memaafkan satu sama lain. Kuncinya adalah saling menghargai dan komunikasi.

BACA JUGA: Ingin Punya Barang Mewah, Sepasang Kekasih Curi Barang Hotel

1. Belajar mendengarkan

Komunikasi adalah kunci dalam hubungan apa pun. Tapi sering keliru jika hanya satu arah. Bagaimana dalam hubungan bisa mengomunikasikan kebutuhan, pikiran, dan perasaan. Bagaimana bisa mendengarkan dengan tulus.

BACA JUGA: Bertengkar dengan Pasangan akan Memperparah Hal Ini

2. Singkirkan ego

Memprioritaskan ego di atas pikiran dan perasaan pasangan adalah hal negatif yang merusak hubungan. Hentikan menyalahkan, manipulasi dan egois. Cobalah introspeksi diri. Bisa jadi pola hubungan di masa lalu dengan orang lain sebelumnya masih membayangi sifat tersebut.

3. Puji pasangan

Terkadang seseorang lupa menghargai semua hal kecil yang pasangan lakukan untuk Anda. Anda mungkin lupa bahwa hati seperti tanaman yang perlu disiram agar bisa berkembang. Kata-kata pujian dan apresiasi seperti air dan sinar matahari bagi tanaman. Sering ucapkan terima kasih dan pujian atas apa yang dilakukan pasangan.

4. Perhatikan bahasa dan gestur tubuh

Bukan apa yang akan dikatakan tetapi bagaimana Anda menyampaikan sesuatu hal yang penting. Sangat penting untuk selalu menyadari bagaimana gestur dan ekspresi saat berbicara dengan pasangan. Jangan menyilangkan tangan saat berdebat dan turunkan nada kasar.  Salah satu cara untuk mempertahankan nada netral dan bahasa tubuh yang adalah dengan mendiskusikan masalah dengan kepala dingin.

5. Jangan mengkritik

Ketika berada di tengah-tengah diskusi yang panas, kata-kata yang terlontar seringkali di luar akal sehat. Bicaralah pada saat berdua berkepala dingin dan tenang. Tunggu sampai argumen selesai dan berdua sudah tenang. Saat itulah pasangan lebih mungkin mendengarkan pendapat satu sama lain. (jpc/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pacaran Sambil Ngabuburit di Jembatan, Pasangan Terjatuh


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler