5 Kriteria Capres-Cawapres 2024 Versi PAN, Nama-Nama Ini Mencuat

Rabu, 15 Juni 2022 – 11:06 WIB
Sekjen PAN Eddy Soeparno, Waketum PAN Yandri Susanto dan sejumlah pengurus parpol itu saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (14/6). Foto: DPP PAN

jpnn.com, JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) mengumumkan 5 kriteria calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) untuk Pilpres 2024 dalam konferensi pers di kantor DPP PAN, Warung Buncit, Jakarta Selatan pada Selasa (14/6).

"Sesuai perintah Ketum PAN, hari ini kami mengumumkan kriteria capres dan cawapres yang akan diusung PAN," kata Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno melalui siaran pers.

BACA JUGA: Dipanggil Jokowi ke Istana soal Reshuffle? Hadi Tjahjanto Menjawab

Hadir dalam konferensi pers itu Waketum Yandri Susanto, Ketua DPP PAN Bima Arya Sugiarto, dan sejumlah anggota DPR RI dari F-PAN serta ketua DPW PAN dari seluruh Indonesia.

Lima kriteria Capres-Cawapres 2024 PAN itu, yakni; nasionalis-religius, memiliki rekam jejak kepemimpinan yang kuat, berpihak pada kelanjutan generasi, memiliki semangat inovasi dan kolaborasi, dan berwawasan nusantara dan berperspektif global.

BACA JUGA: Daerah Ini Ajukan Formasi PPPK 2022 ke KemenPAN-RB, Guru Paling Banyak

Eddy menjelaskan tahapan penjaringan capres-cawapres akan dimulai dengan usulan nama-nama tokoh dari DPD dan DPW se-Indonesia untuk dibahas dalam rakernas PAN Agustus mendatang.

"Sistemnya bottom up. Kami dengar aspirasi dari daerah," ucap Eddy dalam konferensi pers yang juga dihadiri Ketua DPW PAN DKI Eko Patrio, Ketua DPW PAN Jabar Desy Ratnasari, dan Ketua DPW PAN Sulsel Ashabul Kahfi, sedangkan pengurus lain mengikuti secara daring.

BACA JUGA: Siapa yang Akan Dilantik Jokowi Siang Ini, Begini Bocorannya?

Menurut Eddy, tahapan penjaringan capres-cawapres berlangsung selama dua bulan hingga nanti diputuskan pada rakernas yang bertepatan dengan HUT PAN ke-24 pada Agustus nanti.

Anggota DPR RI itu menyebut DPD dan DPW PAN juga telah memunculkan nama-nama, seperti DPW Lampung, DPD Cianjur, dan akan disusul pengurus daerah lainnya.

"Kami beri judul proses ini PAN Memilih. Ini akan semarak.” Ujarnya.

Diketahui, DPW PAN Lampung dan Banten mengusulkan nama Zulkifli Hasan dan Erick Thohir untuk diusung PAN sebagai Capres-Cawapres 2024. Kemudian, DPD Cianjur mengusulkan Zulkifli Hasan dan Ridwan Kamil.

"Memang antusiasme dari dalam, ingin mengusung Ketum Zulhas. Muncul juga nama-nama, seperti Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, Erick Thohir dan lainnya. Semua boleh mengusulkan. Kami sudah sampaikan kriterianya," tutur Eddy.

Bima Arya selaku ketua OC Rakernas PAN menyebut sesuai arahan Ketum PAN Zulkifli Hasan, kriteria capres-cawapres yang akan diusung parpolnya hanya lima saja, seperti halnya Pancasila yang memiliki lima sila.

BACA JUGA: Roy Suryo Unggah 2 Stupa Candi Borobudur Mirip Jokowi, Ruhut Sitompul Meradang, Simak Kalimatnya

"Kami mencari kandidat yang sesuai dengan platform dan asa PAN, setia pada Pancasila dan NKRI," ucap Bima.

Kemudian, katanya, mendorong ide-ide persatuan dan kemajuan, peduli pada pembangunan berkelanjutan dan regenerasi anak muda, serta membawa Indonesia berdaya saing di pentas global.

Sementara itu, Waketum PAN Yandri Susanto menyebut selain dari internal pengurus, parpolnya juga menjaring aspirasi publik, seperti para ulama, akademisi, kelompok buruh, profesional, pengusaha dan lainnya.

"Semua elemen akan didengarkan oleh PAN, boleh datang menyampaikan aspirasi. Partisipasi publik sangat penting," ucap Yandri Susanto. (fat/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler