5 Makanan Pembawa Keberuntungan di Hari Imlek

Senin, 04 Februari 2019 – 09:59 WIB
Makanan khas Imlek. Foto: chinahighlights

jpnn.com - Tidak ada perayaan yang lengkap tanpa makanan, tidak terkecuali Tahun Baru Imlek. Banyak makanan yang disajikan khusus pada perayaan Imlek.

Makanan yang disajikan pun punya artis khusus selama 14 hari perayaan Imlek, yang dimulai pada hari ini, 4 Februari 2019.

BACA JUGA: Inilah Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Imlek

Jadi bagaimana makanan-makanan ini dikatakan memberi Anda keberuntungan pada saat Tahun Baru Imlek?

Melalui kombinasi warna keberuntungan, simbolisme dan permainan kata. Berikut adalah beberapa contoh makanan Tahun Baru Imlek dan mengapa mereka dikatakan makanan yang memberi Anda keberuntungan, seperti dilansir laman ABC, Minggu (2/3).

BACA JUGA: Tak Rayakan Imlek, Gisel Pilih Manggung di Lampung

1. Pangsit

Pada Tahun Baru Imlek, ada keyakinan bahwa semakin banyak pangsit yang Anda makan, maka akan semakin banyak uang yang akan Anda miliki. Alasannya adalah karena bentuk pangsit menyerupai bentuk ingot, bentuk mata uang yang terbuat dari emas dan perak yang pernah digunakan di Tiongkok.

BACA JUGA: Perayaan Imlek: Tiga Menu Wajib dan Maknanya

2. Lumpia

Tahukah Anda bahwa nama 'lumpia' berasal dari fakta bahwa mereka dimakan secara tradisional di Festival Musim Semi, nama lain untuk Tahun Baru Imlek?

Juga, lumpia yang telah digoreng berubah warna menjadi warna emas, mengingatkan kita pada batangan emas. Jadi, jika Anda ingin lebih kaya, konsumsilah lumpia untuk menghormati ungkapan "huang jin wan liang" atau "Semoga Anda mendapatkan berton-ton emas".

3. Ikan utuh

Mengonsumsi kepala dan ekor ikan yang utuh merupakan awal dan akhir yang baik untuk tahun yang akan datang. Alasan kedua adalah permainan kata.

Kata ikan dalam bahasa Tiongkok adalah yu, yang juga terdengar sama dengan kata dalam bahasa Tiongkok untuk surplus. Jadi pepatah "setiap tahun konsumsi ikan" (nian nian you yu) terdengar sama dengan "setiap tahun ada surplus". Semoga Anda memiliki lebih dari yang Anda butuhkan untuk tahun mendatang!

4. Long life noodles

Mie adalah makanan pokok masyarakat Tiongkok, jadi apa yang membuatnya menonjol saat perayaan Tahun Baru Imlek? Nah, ada beberapa mie yang dibuat sangat panjang dan dimakan pada hari Imlek untuk melambangkan umur panjang.

Ini bisa berupa mie gandum tipis atau mie telur, dan tidak masalah bagaimana mereka disajikan, apakah berupa mie sup sederhana, atau sebagai dasar untuk makanan yang mewah seperti kepiting dengan jahe dan bawang merah. Idenya adalah bahwa Anda tidak boleh memotong mie tersebut, tidak peduli seberapa panjang mereka, karena apa yang dilambangkan mie, yakni Anda akan berumur panjang.

5. Year cake

Kue manis, sangat kenyal dan lengket ini terbuat dari tepung beras ketan, gula dan madu. Kue ini bisa dimakan apa adanya atau diiris tipis dan dicelupkan ke dalam telur lalu digoreng.

Saat dimasak, rasanya lebih berkaramel dan teksturnya lebih kenyal, tapi apa pun kue yang Anda konsumsi, mengonsumsi kue ini dimaksudkan agar Anda memulai tahun baru dengan manis.

Year cake (nian gao) terdengar persis sama dengan mengatakan "tahun tinggi/year tall", jadi idenya di sini adalah mengucapkan tahun baru yang lebih baik (lebih tinggi) dari yang sebelumnya. Ini bisa berarti kenaikan gaji, promosi, dan Anda melakukan hal yang lebih baik dari tahun sebelumnya.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Patung Babi Akan Menyambut Kedatangan Anda


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler