5 Makanan yang Aman Dikonsumsi Pemilik Kulit Berminyak

Selasa, 20 Juni 2023 – 02:02 WIB
Jeruk. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - ADA beberapa tipe kulit wajah yang kita semua tahu. Mulai dari kulit kering, kulit berminyak, normal, serta kombinasi.

Anda yang memiliki kulit berminyak tahu seberapa sulitnya menjaga minyak berlebih.

BACA JUGA: Atasi Kulit Berminyak dengan 7 Cara Alami Ini

Ada garis tipis antara kulit yang segar dan bercahaya dan kulit yang hanya berminyak.

Plus, kelebihan produksi minyak di kulit bisa menyebabkan masalah baru, seperti pori-pori tersumbat dan jerawat.

BACA JUGA: Pengin Masak Makanan Mancanegara Halal? Lihat Saja Resepnya di Aplikasi Momasa

Meskipun produk dan perawatan memang membantu, tidak ada yang bisa menggantikan peran diet sehat terkait dengan kulit Anda.

Penelitian telah menunjukkan bahwa sebenarnya ada hubungan antara makanan yang kita makan dan kesehatan kulit kita.

BACA JUGA: Ini 5 Skincare Pria yang Bisa Mengatasi Kulit Berminyak dan Berjerawat

Ada makanan tertentu yang menawarkan manfaat penyeimbang minyak.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Herbaldynamicsbeauty.com.

1. Jeruk

Jeruk dan lemon kaya akan vitamin C, yang memberikan manfaat luar biasa bagi kulit.

Mengonsumsi vitamin C bisa meningkatkan efektivitas tabir surya, mengurangi kerusakan sel, bahkan mengurangi timbulnya kerutan.

Ini juga memainkan peran kunci dalam sintesis kolagen alami tubuh dan bisa memperbaiki serta mencegah kulit kering.

Seringkali, kulit kita menghasilkan minyak berlebih sebagai respons terhadap kurangnya kelembapan, yang berlawanan dengan apa yang mungkin kita pikirkan.

Mengonsumsi cukup vitamin C dalam makanan Anda bisa membantu menjaga kelembapan kulit, yang pada gilirannya menjaganya dari produksi yang berlebihan dan menghasilkan lebih banyak minyak.

2. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh seperti oatmeal, quinoa, buckwheat, dan beras merah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk menurunkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Mereka adalah pilihan yang jauh lebih baik daripada biji-bijian olahan, yang dikaitkan dengan peradangan dan bahkan obesitas.

Selain kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan, biji-bijian utuh memiliki kandungan yang tinggi, yang merupakan kunci pencernaan yang sehat.

Penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara masalah usus dan kesehatan kulit, dan pencernaan yang buruk bisa menyebabkan ketidakseimbangan pada kulit dan bahkan gangguan kulit.

Jadi, jika Anda seseorang dengan kulit berminyak, makan biji-bijian bisa menjadi cara terbaik untuk memastikan kamu mengonsumsi cukup serat untuk menjaga kesehatan usus.

3. Biji Labu

Selain menjadi camilan yang enak, biji labu atau pepitas menawarkan berbagai manfaat kesehatan, terutama untuk kulit.

Biji labu merupakan sumber mineral mangan dan seng. Mangan dibutuhkan dalam produksi prolin, asam amino yang penting untuk pembentukan kolagen.

Seng, di sisi lain, memiliki sifat antiradang dan dikenal bisa melawan jerawat yang sering kali disebabkan oleh produksi minyak berlebih di kulit.

Benih yang kuat ini juga tinggi antioksidan, yang melindungi sel dari radikal bebas berbahaya yang bisa mempercepat proses penuaan.

Mereka bahkan dikaitkan dengan peningkatan tidur dan membantu menjaga gula darah tetap stabil, yang keduanya penting untuk kesehatan kulit.

4. Kaldu tulang

Kaldu tulang dikemas dengan nutrisi antipenuaan, kolagen menjadi bintang pertunjukannya.

Kolagen adalah protein struktural yang memperkuat kulit dan melindungi dari tanda-tanda penuaan, seperti garis halus dan kerutan.

Kaldu tulang juga mengandung glisin, asam amino yang membantu mendetoksifikasi tubuh dan membantu produksi glutathione.

Antioksidan ini melindungi sel dari kerusakan oksidatif. Selain itu, kaya akan mineral seperti fosfor, magnesium, dan kalsium.

Pada dasarnya, kaldu tulang membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan seimbang, yang bisa mencegah kulit memproduksi minyak berlebih.

5. Brokoli

Brokoli dikemas dengan vitamin dan mineral yang baik untuk kulit, termasuk vitamin A, vitamin C, dan seng.

Ini juga mengandung lutein. Lutein adalah karotenoid yang melindungi kulit dari kerusakan oksidatif yang menyebabkan kulit kering dan keriput.

Selain itu, sayuran ini mengandung sulforaphane. Senyawa kaya belerang ini melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, penyebab utama penuaan dini.

Sulforaphane bahkan sudah terbukti membantu menjaga kadar kolagen di kulit, menjaganya tetap kencang dan kenyal.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler