5 Makanan yang Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Senin, 29 Februari 2016 – 21:12 WIB
ILUSTRASI. FOTO: Care2

jpnn.com - Lebih baik mencegah daripada mengobati. Begitu kata pepatah yang tentunya Anda setuju. Salah satu tindakan pencegahan terhadap penyakit adalah memastikan kondisi daya tahan tubuh.

“Makanan, terutama yang berbasis tanaman tentu bisa membantu mencegah dan mengobati penyakit. Beberapa mengandung fitonutrien, yang ada di tanaman untuk melindungi mereka dari kuman, jamur, bug dan bahaya lingkungan lainnya. Senyawa ini bisa melakukan hal yang sama bagi tubuh manusia, membantu untuk menyembuhkan di tingkat DNA,” kata peneliti Dr. Mark Hyman, seperti dilansir laman Care2, Minggu (28/2).

BACA JUGA: Pulau Dewata Diserbu 6.000 Komunitas Ini Mei Mendatang

Selain menjaga daya tahan tubuh dengan teratur berolahraga, beberapa makanan juga bisa membantu memberi efek positif dalam meningkatkan imunitas tubuh. Beberapa diantaranya adalah:

1. Ubi

Kulit, organ terbesar dari tubuh adalah baris pertama pertahanan terhadap bakteri dan virus. Vitamin A sangat penting untuk menjaga kulit tetap kuat dan sehat. Salah satu sumber terkaya vitamin A adalah ubi jalar.

BACA JUGA: Ingat Ya, Terlalu Lama Duduk bisa Sebabkan Sakit Jantung

2. Madu mentah

Madu mentah adalah salah satu makanan yang paling sehat yang diyakini memiliki sifat antibiotik tanpa risiko pengembangan bakteri resisten.

BACA JUGA: Kemenpar Siapkan Festival Border Tourism Lagi

3. Jamur

Jamur ajaib dan kita tidak berbicara tentang reputasi halusinogen mereka. Sebuah studi dari University of Florida Institute of Food and Agricultural Sciences menemukan bahwa makan jamur shiitake harian bisa meningkatkan fungsi kekebalan tubuh serta mengurangi protein inflamasi.

4. Bawang putih

Tingginya tingkat allicin dalam bawang putih membuat mereka sebagai antibiotik alami yang kuat. Senyawa sulfur yang terdapat dalam bawang putih telah meningkatkan kekebalan dan anti-tumor dalam studi ilmiah.

5. Fermentasi Foods

Setidaknya 70 persen dari sistem kekebalan tubuh seseorang ada di dalam usus, sehingga menjaga kesehatan usus super penting untuk kekebalan.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bidik Wisata Goa, Kemenpar Buka Kelas Khusus Ini


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler