5 Manfaat Buah Nanas, Nomor 1 Bikin Anda Tersenyum Bahagia

Kamis, 07 April 2022 – 07:05 WIB
Ilustrasi nanas. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - APAKAH Anda menyukai buah nanas? Buah nanas memiliki rasa asam manis yang banyak disukai orang.

Buah nanas memiliki daging berwarna kuning dengan kulit yang bersisik.

BACA JUGA: 4 Manfaat Buah Nanas Campur Madu, Nomor 2 Bikin Wanita Tak Bisa Berhenti Mengonsumsinya

Buah nanas bisa diolah dalam berbagai bentuk. Misalnya, selai nanas, salad nanas, jus nanas dan lainnya.

Selain itu, nanas juga mengandung berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

BACA JUGA: 5 Efek Samping Makan Buah Nanas Berlebihan, Gula Darah Bisa Melambung Tajam Lho

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Bbcgoodfood.

1. Membantu pencernaan

Menjadi sumber serat yang kaya, manfaat buah nanas bisa membantu mendukung sistem pencernaan yang sehat.

BACA JUGA: 6 Khasiat Dahsyat Jus Nanas Campur Madu, Yuk Dicoba

Selain itu, enzim dalam nanas, yang dikenal sebagai bromelain, memecah protein menjadi asam amino dan peptida yang lebih kecil, dan aktif di lingkungan asam lambung dan kondisi basa usus kecil.

Ini membuatnya menjadi bantuan pencernaan yang sangat berguna bagi mereka yang tidak mencerna makanan mereka dengan benar.

Terutama bagi mereka yang memiliki insufisiensi pankreas, suatu kondisi di mana pankreas gagal menghasilkan enzim pencernaan yang cukup.

Meskipun penelitian tentang efek antiinflamasi bromelain dalam mengurangi gejala kondisi peradangan usus, seperti kolitis ulserativa terlihat menjanjikan, diperlukan lebih banyak bukti sebelum manfaat ini bisa dibuktikan pada manusia.

2. Meningkatkan penyembuhan setelah cedera

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa bromelain membantu mengurangi peradangan, pembengkakan dan memar setelah cedera atau operasi.

Bahkan bisa berguna jika diminum sebelum operasi gigi, ketika tampaknya membantu mengurangi rasa sakit dan memberikan bantuan sebanyak obat antiinflamasi.

Penelitian in vitro (dilakukan dalam tabung reaksi) juga telah menunjukkan nilai bromelain dalam penyembuhan luka.

3. Membantu meringankan gejala radang sendi

Sejumlah penelitian, sejak tahun 1960-an telah menunjukkan betapa bermanfaatnya bromelain dalam meredakan nyeri inflamasi yang terkait dengan artritis.

Tampaknya memiliki tindakan analgesik ini melalui pengaruh langsung pada mediator kimia yang terlibat dalam persepsi kita tentang rasa sakit.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Sebuah penelitian sembilan minggu terhadap anak-anak sekolah yang makan buah nanas kalengan dalam jumlah sedang (140g) atau dalam jumlah besar (280g) setiap hari, memiliki risiko yang jauh lebih rendah terkena infeksi virus atau bakteri daripada mereka yang tidak makan sama sekali.

Selain itu, mereka yang makan dalam jumlah yang lebih tinggi memiliki empat kali jumlah sel kekebalan tubuh yang melawan infeksi.

Sifat antiinflamasi bromelain juga tampak berharga dalam membantu memodulasi sistem kekebalan, dan mungkin berlaku terutama bagi mereka yang memiliki kondisi autoimun.

5. Mendukung sistem kardiovaskular

Sekali lagi, bromelain tampaknya memiliki nilai bagi jantung dan sistem peredaran darah melalui tindakannya dalam mencegah atau meminimalkan keparahan serangan angina dan transient ischemic attack (TIA).

Bromelain juga bisa memecah plak kolesterol, yang bertanggung jawab untuk pengerasan arteri yang menyebabkan kondisi yang disebut aterosklerosis.

Penelitian pada hewan menunjukkan bromelain juga memengaruhi pembekuan darah dengan menghambat produksi protein yang disebut fibrin yang terlibat dalam pembekuan darah.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler