5 Manfaat Konsumsi Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Sabtu, 28 Maret 2020 – 11:58 WIB
Semangka. Ilustrasi Foto: pixabay

jpnn.com - Semangka juga memiliki banyak nutrisi dan manfaat untuk tubuh manusia, tidak terkecuali ibu hamil. Yuk, simak berbagai manfaat buah semangka yang sayang untuk dilewatkan!

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil

BACA JUGA: Awalnya Enggak Mengaku, Asisten Clara Duo Semangka Nyalinya Ciut Setelah mau Dilaporkan

1. Mencegah dehidrasi

Tahukah Anda bahwa masalah dehidrasi yang dialami pada saat kehamilan bukanlah hal sepele? Kekurangan cairan dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur. Karena itulah penting bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan cairan.

BACA JUGA: 3 Manfaat Buah Semangka

Selain minum air putih, buah-buahan dengan kandungan air yang tinggi juga dapat menjadi alternatif. Buah semangka adalah salah satu buah yang dapat dikonsumsi karena kandungan air di dalamnya mencapai 92%, sehingga tepat bagi ibu hamil yang ingin menghindari risiko dehidrasi.

Buah dengan kandungan air tinggi seperti semangka juga dapat membantu ibu hamil kenyang lebih lama.

2. Meringankan gejala morning sickness

Masalah morning sickness pasti kerap membuat ibu hamil tidak nyaman. Terkadang beberapa ibu hamil menggunakan suplemen B6 untuk mengatasi masalah tersebut. Fungsi vitamin B6 sendiri adalah membantu tubuh memproduksi asam amino yang dapat mengurangi morning sickness.

Namun, pemakaian suplemen vitamin B6 yang terlalu banyak juga tidak disarankan karena pada beberapa kasus bisa menimbulkan efek samping seperti peripheral neuropathy atau masalah saraf yang dapat menyebabkan mati rasa di beberapa bagian tubuh.

Alternatif lainnya, buah semangka dapat membantu ibu hamil untuk memenuhi asupan vitamin ini. Selain lebih aman, buah semangka juga memiliki efek menyegarkan yang akan mengurangi rasa mual. Caranya dengan mengolah buah semangka menjadi jus menggunakan blender atau dapat dimakan langsung saat pagi hari.

3. Membantu perkembangan janin

Setiap ibu pasti ingin anaknya lahir dalam keadaan sehat dan bernutrisi. Buah semangka kaya akan mineral dan vitamin yang bermanfaat untuk membantu perkembangan janin dalam kandungan. Nutrisi tersebut tentu tidak ingin dilewatkan oleh para ibu yang sedang hamil.

Kandungan vitamin A dalam buah semangka penting untuk membantu pembentukkan organ tubuh bayi termasuk jantung, paru-paru, ginjal, mata, tulang, serta sistem saraf pusat. Ditambah buah semangka juga mengandung vitamin B1 yang memiliki peran penting untuk perkembangan otak janin.

4. Meningkatkan energi

Masalah lain yang sering mendera para ibu yang sedang hamil adalah tubuh yang mudah lelah. Walau efeknya akan berbeda-beda pada setiap orang, tenaga pada saat kehamilan akan terbagi dua untuk dirinya dan si buah hati sehingga dibutuhkan asupan energi yang lebih.

Selain mendukung tumbuh dan kembang janin, vitamin A, B1, dan B6 pada buah semangka juga dapat menjadi sumber energi natural yang baik dan memiliki manfaat untuk ibu hamil.

5. Mengatasi kram otot

Seiring dengan membesarnya kandungan dalam perut, tubuh ibu hamil pasti akan mengalami perubahan. Hal ini akan diikuti dengan meningkatnya berat badan dan hormon yang terus berubah.

Faktor tersebut pun dapat berujung pada otot dan tulang. Ibu hamil sering kali mengalami masalah kram otot terutama pada kaki.

Kabar baiknya, buah semangka mengandung mineral kalium yang akan membantu ibu hamil mengatasi kram otot. Kalium adalah mineral yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Elektrolit sendiri membantu fungsi kerja otot yang dapat mengurangi risiko kram.

Semangka baik dan punya manfaat untuk ibu hamil, asalkan…

Berbagai manfaat pada buah semangka tentu membuatnya baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun, porsinya juga perlu dibatasi. Bagaimanapun semangka memiliki efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan.

Buah semangka mengandung gula yang cukup tinggi sehingga asupan yang terlalu banyak tentu akan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Seperti yang sudah diketahui, naiknya gula darah akan berisiko pada penyakit seperti diabetes.

Tidak hanya itu, kandungan vitamin C dalam buah semangka yang dikonsumsi berlebihan juga dapat menyebabkan penyakit terkait pencernaan seperti diare dan masalah lambung.

Penting juga untuk konsultasikan pada dokter tentang konsumsi semangka sebagai penambahan nutrisi sehari-hari agar dapat mencegah masalah kesehatan lainnya.(HelloSehat/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler