5 Pabrik Gula SGN Raih Penghargaan PTPN Group

Senin, 02 September 2024 – 13:43 WIB
Lima Pabrik Gula (PG) yang dikelola PT Sinergi Gula Nusantara SGN, anak perusahaan PTPN III Persero Holding Perkebunan meraih penghargaan dalam acara Tea Walk dan Penganugerahan kinerja terbaik PTPN Group di Gunung Mas Bogor, pada Kamis (29/8). Foto dok PTPN III

jpnn.com, BOGOR - Lima Pabrik Gula (PG) yang dikelola PT Sinergi Gula Nusantara SGN, anak perusahaan PTPN III Persero Holding Perkebunan meraih penghargaan dalam acara Tea Walk dan Penganugerahan kinerja terbaik PTPN Group di Gunung Mas Bogor, pada Kamis (29/8).

Kelima pabrik gula tersebut yakni PG Modjopanggoong, PG Gempolkrep, PG Ngadiredjo, PG Pradjekan dan PG Glenmore.

BACA JUGA: Dukung Target Swasembada Gula Konsumsi 2028, PTPN Group Luncurkan Program Penguatan Tebu Rakyat

“Komitmen SGN memperkuat ekosistem tebu rakyat, dan juga melakukan penguatan pada performa kinerja pabrik. Lima PG kami meraih kinerja terbaik dalam PTPN awards," ujar Mahmudi Direktur Utama SGN.

Selain meraih kinerja terbaik, tercatat tiga PG mencatatkan mencatatkan raihan rendemen tertinggi, yakni PG Modjopanggoong, PG Ngadiredjo dan PG Gempolkrep.

BACA JUGA: Sun Life & Beyond Sport Bantu Generasi Muda Hidup Lebih Aktif untuk Cegah Diabetes

Periode Agustus capaian rendemen tiga PG tersebut berturut-turut 7,92, 7,67, dan 7,59.

“PG Modjopanggoong berdiri pada 1852, tetapi berhasil menorehkan kinerja terbaik pabrik gula, membuktikan anggapan yang salah selama ini bahwa kinerjanya jelek karena usia PG tua”, ujar Moh. Abdul Ghani Direktur Utama PTPN III Holding Perkebunan.

BACA JUGA: KBUMN bersama PTPN III Gelar Program Relawan Bakti BUMN 2024 di Likupang

Menurutnya salah satu aspek yang mempengaruhi upaya pencapaian swasembada gula adalah faktor agronomi tebu, dan harus kembali pada best practise budidaya tebu, mengingat pada 1930-an Indonesia pernah menjadi eksportir gula terbesar kedua setelah kuba dan berbalik menjadi negara pengimpor gula terbesar setelah china setelah 1967.

Pasca-integrasi pengelolaan on farm kepada SGN, dilakukan standarisasi budidaya tebu dengan tujuan bahan baku tebu (BBT) yang dihasilkan berkualitas sehingga meningkatkan produktivitas gula.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler