5 Tips Mencegah Kencing Berlebihan yang Menggangu Tidur

Rabu, 14 Juni 2017 – 11:23 WIB
Ganguan Tidur, Temukan Jawabannya. Foto Empow Her

jpnn.com - Cukup sulit untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak saat kandung kemih Anda terus-menerus mengganggu dengan memaksa melakukan banyak perjalanan ke kamar mandi sepanjang malam.

Menurut WebMD, siapa pun yang harus menempuh lebih dari satu kali perjalanan ke kamar mandi pada waktu tidur disebut nokturia.

BACA JUGA: Kurang Tidur Bikin Wajah Lebih Tua?

Nokturia bisa disebabkan oleh kondisi medis tertentu seperti sindrom kandung kemih yang terlalu aktif, infeksi ginjal, pembesaran prostat dan lainnya, namun dalam banyak kasus, hal itu tidak disebabkan sesuatu yang serius.

Yang perlu Anda lakukan adalah membuat beberapa perubahan pada kebiasaan gaya hidup.

BACA JUGA: Mimpi Buruk Pertanda Masalah Kesehatan Mental?

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda coba untuk mengatasinya, seperti dilansir laman Care2, Selasa (13/6).

1. Minumlah sedikit cairan sebelum tidur.

BACA JUGA: 7 Tips Mengatasi Mendengkur Saat Tidur

Ya, minum sedikit cairan sebelum tidur merupakan solusi yang paling jelas untuk mencegah seringnya Anda melakukan perjalanan ke kamar mandi pada malam hari.

Misalnya, apakah Anda minum secangkir teh setelah makan malam? Cobalah mengurangi kebiasaan ini, meminumnya di sore hari sebagai gantinya atau menghilangkannya sama sekali untuk melihat apakah cara ini akan membantu Anda.

2. Kurangi minuman beralkohol dan berkafein.

Minuman beralkohol dan berkafein seperti kopi dan soda menyebabkan peningkatan buang air kecil, jadi jika Anda meminumnya secara teratur, cobalah hindari minuman ini di malam hari.

3. Turunkan asupan garam Anda.

Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa asupan garam memengaruhi frekuensi buang air kecil, yang berarti nokturia bisa lebih dipengaruhi pilihan makanan Anda daripada seberapa banyak cairan yang Anda minum.

Lebih dari 200 peserta studi menurunkan asupan garam mereka dari rata-rata 11 gram sehari menjadi hanya 8 gram yang telah dikaitkan dengan penurunan perjalanan kamar mandi dari rata-rata 2,3 menjadi 1,4 perjalanan per malam.

Cara termudah untuk menurunkan asupan garam adalah dengan mengganti makanan kemasan dan olahan dengan makanan alami dan utuh seperti buah dan sayuran.

4. Tweak diet Anda.

Selain membatasi garam dan apa pun yang berperan sebagai diuretik, WebMD juga merekomendasikan beberapa tindakan ekstra untuk diambil dalam hal modifikasi diet.

Beberapa makanan seperti produk berbasis tomat, coklat, pemanis buatan dan makanan pedas bisa mengganggu kandung kemih Anda atau bertindak sebagai diuretik, sehingga mengurangi asupan makanan ini atau menghilangkannya dari makanan.

Mengonsumsi makanan tinggi serat juga bisa membantu mencegah gejala kandung kemih yang terlalu aktif yang terkadang bisa disebabkan oleh konstipasi.

5. Bicaralah dengan dokter.

Jika Anda berusaha mengubah kebiasaan gaya hidup seperti yang disarankan di atas, namun tetap harus bangun di tengah malam untuk pergi ke kamar mandi lebih dari sekali, nokturia bisa dikaitkan dengan kondisi medis.

Penting untuk berbicara dengan dokter tentang gejala yang Anda alami, agar bisa mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Cobalah Cara ini untuk Atasi Kesulitan Tidur


Redaktur : Fany
Reporter : Fany, Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler