5 Tips Meningkatkan Kesehatan Otak

Kamis, 19 Januari 2017 – 23:32 WIB
Ilustrasi. Foto IST

jpnn.com - jpnn.com - Otak merupakan organ penting bagi kehidupan manusia. Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan otak dengan berbagai cara.

Berikut beberapa tips mudah dalam menjaga kesehatan otak, seperti dilansir laman Robbreport, Selasa (17/1).

BACA JUGA: Ini yang Terjadi Pada Tubuh Saat Anda Melakukan Meditas

1. Rangkullah teknologi.

Dalam studi yang dipublikasikan di American Journal of Geriatric Psychiatry, peneliti mengukur aktivitas otak orang dewasa yang lebih tua yang aktif menggunakan internet.

Hasilnya ditemukan bahwa mereka yang menggunakan medsos lebih sering, memiliki aktivasi saraf dua kali lebih banyak dari orang-orang dengan pengalaman komputer minimal.

Teknologi benar-benar bisa melatih otak untuk menghadapi tantangan mental dengan mudah.

2. Mengadakan percakapan.

Memiliki bahkan percakapan singkat bisa meningkatkan memori dan fokus Anda. Interaksi sosial sendiri memiliki efek positif pada otak ditambah mereka bisa mengurangi stres.

3. Hindari stres.

Menemukan cara untuk mengelola stres akan sangat berguna untuk hidup Anda. Stres benar-benar menyusutkan pusat memori otak dan hormon kortisol yang telah terbukti menyebabkan gangguan memori sementara.

Pertimbangkan melakukan meditasi dan yoga. Cari aktivitas yang menenangkan dan menjadikannya bagian dari rutinitas harian Anda.

4. Menghindari peradangan internal.

Para ahli sepakat bahwa banyak kondisi dan penyakit yang mengancam hidup bisa ditelusuri kembali dengan melihat hal yang berkaitan dengan peradangan kronis dalam tubuh, misalnya akibat konsumsi makanan yang tidak sehat dan stres.

5. Menjaga berat badan yang sehat.

Selain mengurangi peradangan dalam tubuh, menjaga berat Anda tetap ideal bisa mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2, yang penting untuk kesehatan otak.

Diabetes menggandakan risiko Alzheimer.(fny/jpnn)


Redaktur : Fany
Reporter : Fany, Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
meditasi  

Terpopuler