51 Persen Jalan di Sumatera Rusak

Selasa, 22 Desember 2009 – 08:44 WIB

PEKANBARU-- Kondisi jalan di kawasan Sumatera banyak yang rusakJalan provinsi yang mengalami rusak ringan dan berat di Sumatera sekarang ada sepanjang 9.008 kilometer atau 51,3 persen dari panjang jalan yang ada

BACA JUGA: Investor Cina Siap Danai Jembatan Dumai-Malaka

Sementara kondisi jalan Nasional yang mengalami kerusakan di Pulau Sumatera sepanjang 1.333,32 kilometer atau 12,59 persen.

Kerusakan jalan ini menyebabkan kondisi jalur perhubungan transportasi di masyarakat terganggu
Permasalahan kerusakan jalan ini memerlukan pengkajian dan pendataan serta pembangunan atau perbaikan oleh seluruh pemerintahan yang ada di Sumatera.

Ini terungkap pada pertemuan Rapat Koordinasi Gubernur se-Sumatera, Senin kemarin, di Hotel Labersa Kampar, Provinsi Riau

BACA JUGA: Empat Bandara Raih Bandara Award

Dalam pertemuan yang dihadiri gubernur, wakil gubernur, Kepala Bappeda se-Sumatera ini, menyepakati berkerjasama dalam melakukan pembangunan jalan yang ada sekarang.

Ketua Forum Gubernur se-Sumatera, HM Rusli Zainal menjelaskan, disamping kondisi existing jalan nasional dan provinsi, jalur transportasi perkereta-apian di Pulau Sumatera sekarang ini cenderung tidak mengaami perkembangan
Sebab, kata dia, pembangunan rel kereta api sekarang lebih bersifat parsial dan tidak terintegrasi dalam road map Pulau Sumatera.

Dua jalur pehubungan seperti jalan dan rel kereta api ini, sambungnya, sangat memerlukan sebuah pemikiran dan realisasi yang baik antar provinsi di Sumatera

BACA JUGA: Beras Ibukota Disuplai Daerah Pantura

Bagaimana mewujudkan jalan yang mulus, bagi kepentingan sarana transportasi perbungan antara daerah di Sumatera.

‘’Sinergi antar daerah dalam melaksanakan pembangunan jalan dan rel perkereta-apian ini sangat memerlukan kerjasama antara provinsiDengan begitu, jalur transportasi masyarakat bisa dirasakan masyarakat banyak,’’ ungkapnya kepada wartawan.

Rusli juga menyebutkan, sesungguhnya jalur transportasi kereta api sangat berpotensi untuk mendukung kelancaran arus barang, orang dan jasa di Pulau Sumatera sekarang ini(new)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kandidat Dirut PLN Diserahkan ke Presiden


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler