5.254 Polisi Amankan Unjuk Rasa di Jakarta Hari Ini

Jumat, 14 Desember 2012 – 12:26 WIB
JAKARTA—Polda Metro Jaya menurunkan total 5.254 personil untuk mengamankan unjuk rasa perangkat desa yang terdiri dari kepala desa dan sekretaris desa  di depan gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (14/12). 

Jumlah tersebut di tempatkan di  11 titik wilayah. Adapun perinciannya,  di Istana Negara Jalan Medan Merdeka Utara ditempatkan sekitar 2.992 personil, di DPR RI 1448 personil,  di depan rumah makan Pulo Dua  219 personil,  Bundaran HI 35 personil dan sekitar Kementerian Kehutanan samping DPR 34 personil.

Pasukan juga di tempatkan di depan gedung TVRI 34 personil,  gedung Kemdagri Gambir 199  personil,  Kuningan  109 personil,   Jasindo, dan Pancoran 34 personil. Pengamanan juga dilakukan di Gading Golf Kelapa Dua, Tangerang 160 personil dan, Mako Resta,  Bekasi kota sebanyak 60 orang.

“Unjukrasa ini dilaksanakan oleh Aliansi Desa Indonesia , Parade Nusantara kira-kira 5000 orang, dan Persatuan Perangkat Desa Jateng kira-kira 2 5000 orang,” tutur Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto melalui pesan singkat pada JPNN, Jumat siang.

Untuk pengalihan arus jalan, kata Rikwanto, bersifat  situasional. Aksi unjuk rasa ini membuat lumpuh arus lalu lintas di tol dalam kota.  Kendaraan dari arah Tomang menuju Cawang macet tak bergerak alias parker karena jumlah pengunjuk rasa yang memadati jalan. Kejadian yang sama juga terjadi di Perempatan Slipi Petamburan menuju ke Jalan Gatot Subroto. Sejak pukul 07.00 pagi, pengunjuk rasa sudah datang dan menutup jalan sehingga melumpuhkan jalan dan membuat kemacetan panjang.

Rute perjalanan busway  Transjakarta pun mengalami gangguan akibat penumpukan penumpang.  Beberapa busway terjebak di  depan gedung DPR RI yang menjadi pusat konsentrasi massa.(nat/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Soal Ganjil-Genap, Gerindra Kritik Jokowi

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler