6 Alasan Banyak Orang Memilih iPhone dibanding Android

Selasa, 29 Juni 2021 – 23:18 WIB
Jajaran iPhone 11. Foto: The Verge

jpnn.com - Bukan rahasia lagi, produk Apple memiliki penggemarnya sendiri. Begitupun dengan iPhone. Sebagai bagian dari keluarga Apple, iPhone memiliki penggemar yang setia menanti setiap seri terbarunya. 

Pengguna iPhone akan cenderung kembali membeli produk yang sama saat ingin berganti handphone.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Info Baru Pembunuhan Laskar FPI, Rakyat Sudah Jengah dengan Pemerintah, Toko Obat ini Diserbu

Termasuk salah satunya pengguna iPhone11.

Kira-kira apa yang membuat orang menjadi setia dengan iPhone? Lalu kenapa lebih banyak orang yang cenderung lebih menyukai iPhone daripada Android? Yuk, simak ulasan lebih lengkap berikut ini.

BACA JUGA: iPhone 13 Pro Akan Hadirkan Lensa Ultrawide dengan Autofokus

1. Branding iPhone yang Keren

Desain dan cara pemasaran iPhone memberikan merek ini citra keren atau eksklusif. Walaupun iPhone memang dijual untuk publik, citra produk ini membuat penggunanya memiliki kebanggaan tersendiri saat menggunakannya.

BACA JUGA: Jelang Debut Resmi, Bocoran Desain iPhone 13 Mulai terungkap

Bila dilihat dari desainnya, memang tidak sulit untuk menempelkan citra premium dan eksklusif pada iPhone.

Perangkat iPhone memiliki desain yang sederhana dan elegan. Ukurannya tidak besar dan tipis, memberikan kesan modern.

Selain itu, warna-warna yang ditawarkan juga tidak mencolok, sehingga tidak memberi kesan murahan.

Tidak dipungkiri juga bahwa rasa bangga seseorang akan meningkat saat memiliki perangkat dari Apple, termasuk iPhone.

Ada rasa eksklusif ketika orang lain melihat Anda menggunakan produk yang berlogo Apple. Kesan tech savvy, modern, dan cerdas memang sulit lepas dari merek satu ini.

 

2. Lebih Mudah Digunakan

iPhone memiliki antarmuka yang sederhana. Dengan tampilan yang ringkas, Anda pasti tidak perlu menggeser banyak tab untuk menemukan aplikasi yang dibutuhkan.

Aplikasi-aplikasi penting ditempatkan di menu utama agar mudah ditemukan. Selain itu ukuran icon aplikasi juga tidak terlalu kecil, sehingga tidak membingungkan.

Tema-tema bawaan iPhone juga tidak mengganggu saat digunakan. Mereka mengedepankan fungsi, dan elemen-elemen pada tema mendukung tujuan fungsi ini.

iPhone bisa dibilang konsisten dalam menyajikan antarmuka yang mudah digunakan.

 

3. Bebas Bloatware

Bloatware adalah aplikasi yang sudah ada pada HP karena dipasang oleh pihak manufaktur. Kalau Android, ada beberapa aplikasi bawaan yang tidak bisa diuninstall. 

Sementara itu pada iPhone, Anda bisa uninstall aplikasi apa saja yang tidak diinginkan. Dengan demikian, Anda memiliki lebih banyak space di memori untuk hal lainnya.

Pihak Apple tidak mengizinkan carrier (perusahaan SIM Card) untuk menginstall apapun pada iPhone tanpa persetujuan pemiliknya.

Apple berpendapat bahwa pengguna harus memiliki kendali untuk aplikasi apa yang ingin mereka miliki atau tidak.

Bloatware atau aplikasi bawaan ini juga rawan bugs dan virus. Hal ini membuat banyak orang yang merasa lebih aman untuk menggunakan iPhone.

4. Kualitas Kamera Lebih Bagus

Soal kualitas kamera, iPhone memang jagonya. Apapun serinya, iPhone selalu muncul dalam daftar HP dengan kualitas kamera terbaik.

Sebut saja iPhone 11 yang memiliki dua sensor sehingga Anda bisa mengambil gambar dengan sudut lebar.

Selain itu, fitur night mode seri ini juga mendapatkan tanggapan yang bagus di berbagai situs. iPhone 11 bisa menghasilkan gambar yang jelas dan cerah di dalam ruang yang gelap.

Teknologi kamera pada iPhone memang tidak terletak pada megapixelnya, melainkan kemampuan HP ini untuk mengolah gambar menjadi lebih baik. Tidak mengherankan iPhone selalu dicari setiap ada sesi foto saat nongkrong.

5. Lebih Awet

Bisa dikatakan ini adalah salah satu alasan utama orang menggunakan iPhone. Walaupun mereka sering mengeluarkan model terbaru, perangkat yang lama pun masih berharga untuk digunakan.

Sebuah perangkat iPhone bisa melakukan update sistemnya hingga 5 tahun ke depan. Faktor ini juga yang menjadikan HP iPhone keluaran lama masih laku untuk diperjualbelikan.

Kemudian, kita tidak bisa melewatkan kualitas hardware iPhone yang tahan lama. Anda pasti pernah melihat video atau membaca artikel tentang tes ketahanan iPhone.

Pada dasarnya iPhone memang tahan banting untuk kecelakaan yang minor.

Saat ini, iPhone 12 memiliki reputasi ketahanan yang terbaik. Keluaran anyar ini memiliki “ceramic shield” atau lapisan kaca yang keras untuk melindungi perangkatnya.

Selain iPhone 12, iPhone 11 Pro juga cukup tahan saat dijatuhkan atau dicelupkan ke air.

6. Susah Keluar dari Ekosistem Apple

Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, orang yang sudah menggunakan iPhone cenderung akan terus membeli iPhone.

Mereka bahkan akan kebingungan jika disuruh menggunakan Android karena beda fungsi antarmukanya.

Orang yang sudah nyaman dengan salah satu produk Apple juga akan menggunakan perangkat sejenis lainnya. Aplikasi yang Anda miliki di iPhone bisa digunakan juga di Apple Watch.

Hal ini menjadikan Apple lebih dari sekedar merek barang elektronik atau sistem operasi, melainkan juga sebagai gaya hidup.

Jika Anda memiliki masalah dengan perangkat iPhone, Anda tahu harus kemana untuk memperbaikinya.

Pasalnya, hanya Apple yang bisa memperbaiki perangkat keluaran Apple. Jadi Anda terlindungi dari pusat reparasi yang tidak terpercaya.

Salah satu cara pemasaran terbaik adalah dengan menjadikan produk lebih dari sekedar fungsinya. Apple melakukan strategi ini dengan baik.

Dengan produk-produk yang mempengaruhi gaya hidup penggunanya, membuat pengguna Apple merasa berada dalam sebuah ekosistem.

Kalau Anda ingin beralih menjadi pengguna iOS dan mendapatkan pilihan iPhone yang beragam, cara paling mudah adalah mencarinya secara online.

Anda bisa mengunjungi situs Blibli untuk mencari dan beli ragam iPhone yang diinginkan dengan mudah. Blibli juga menyajikan spesifikasi produk dengan sederhana sehingga mudah dipahami.

Tentunya hal ini penting, apalagi jika yang Anda beli adalah barang elektronik seperti HP. (flo/jpnn)

 


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
iPhone   iPhone 11   Apple   Android  

Terpopuler