6 Cara Mendapatkan Tidur Berkualitas

Senin, 22 Juli 2013 – 13:35 WIB
Tidur malam yang berkualitas menjaga tekanan darah. Getty Images
TIDUR malam diketahui memiliki banyak manfaat. Selain menjaga tekanan darah dan meningkatkan daya tahan tubuh juga dapat membantu mempertahankan berat badan.

Namun untuk tidur malam, terkadang tidak semua orang bisa. Banyak dari kita yang kesulitan untuk tidur pada malam hari dengan nyenyak.

"Semua orang yang mendapatkan waktu tidur yang cukup pada malam hari tentu sangat baik bagi kesehatan tubuh," kata psikologis klinis dan diplomat dari American Board of Sleep Medicine, Dr. Michael Brues, Ph.D, seperti yang dilansir laman Dnaindia, Minggu (22/7).

Untuk mendapatkan tidur malam yang berkualitas, inilah tips yang baik menurut Dr. Michael Brues;

1. Matikan televisi dan komputer

Matikan televisi, telepon genggam, laptop, dan semua jenis gadget di kamar satu jam sebelum tidur.

2. Tulis hal-hal yang menggangu pikiran anda

Buatlah daftar tentang apa saja yang anda khwatirkan atau pikirkan sehingga membuat sulit untuk tidur. Anda bisa mempelajarinya kembali esok hari dan berusaha untuk tidak berpikir tentang hal tersebut.

3. Atur alarm tidur

Alarm tidak hanya membantu anda bangun tidur lebih awal. Jam weker ini bisa juga digunakan untuk membantu anda tidur lebih cepat. Kebiasaan ini pastinya akan membantu anda lebih disiplin dalam mengatur waktu tidur anda.

4. Hindari pekerjaan kantor

Malam hari bukan waktunya bekerja, namun sepenuhnya untuk istirahat demi menjaga kesehatan anda. Hentikan membaca email yang menyangkut pekerjaan anda, karena tidur malam yang cukup dapat meningkatkan produktivitas kerja saat di kantor.

5. Biasakan tidur dengan jam rutin

Mengubah-ubah waktu tidur akan mengganggu jam biologis anda, sehingga anda tidak akan mendapatkan kualitas tidur yang baik. Tidurlah pada jam yang rutin dan jalankan dengan konsisten.

6. Segeralah tidur jika anda merasa lelah

Jangan memaksakan diri untuk untuk tetap terjaga di malam hari saat tubuh sudah merasa lelah dan mengantuk. Memaksakan diri seperti itu, akan membuat badan terasa tidak enak, dan membuat anda tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas keesokan harinya. (fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Anggun Berhijab Ala Zaskia Sunkar

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler