6 Fakta tentang Sosok Puput Nastiti Devi, Terpaut 30 Tahun dengan Ahok

Jumat, 25 Januari 2019 – 09:52 WIB
Basuki T Purnama bersama Puput Nastiti Devi (di tengah) saat berpose bersama. Foto: istimewa for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Bripda Puput Nastiti Devi merupakan sosok yang sering disebut-sebut akan menikah dengan Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok.

Berikut fakta mengeni sosok Puput Nastiti Devi.

BACA JUGA: Aneh, Sebagian Keluarga Tak Tahu Soal Pernikahan Bripda Puput dan Ahok

1. Puput mantan pengawal Veronica Tan.

Puput merupakan Polwan berpangkat bripda yang sempat bertugas mengawal Veronica Tan, mantan istri BTP alias Ahok.

BACA JUGA: Puput Ternyata Sudah Mundur dari Kepolisian, demi Menikah dengan Ahok?

2. Puput Urus Syarat Pernikahan

Bersama dengan orang tuanya, Puput mengurus syarat untuk menikah di Kelurahan Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Depok. Hal itu disampaikan oleh lurah setempat.

BACA JUGA: Bakal Jadi Bu Ahok, Bripda Puput Mundur dari Polri

Lurah Pasir Gunung Selatan, Aslih mengatakan administrasi pernikahan baik N1 dan N2 untuk pasangan Ahok dan Bripda Puput telah terdaftar. Sehingga, Aslih memastikan bahwa Puput akan menikah walaupun tanggalnya belum diketahui.

"Sudah, kalau administrasi. Iya artinya kan suaminya Ahok, tapi yang menandatangani ceweknya, bukan Ahok," tutur Aslih saat dihubungi, Rabu (23/1).

3. Puput Nastiti ikut Ahok
Selain itu, Aslih menjelaskan dengan tegas bahwa Puput dan Ahok nantinya akan menikah secara Kristen. Sebab, dirinya saat itu menandatangi surat yang mencantumkan agama dari sang perempuan.

"Kayaknya Kristen dari yang saya tanda tanganin. Bahasanya, perempuannya ikut Ahok lah. Yang jelas benar kalau surat pengantar sudah seminggu yang lalu," terangnya.

4. Puput Sudah Berada di Tengah-tengah Keluarga Ahok

Usai Ahok bebas dari Mako Brimob, Puput pun muncul ke publik. Dari beberapa foto dan video yang beredar, tampak Puput berada di samping Ahok di setiap kesempatan.

Dalam sebuah video, terlihat Puput sudah berada di tengah-tengah tengah keluarga Ahok saat ibadat yang dilakukan setelah Ahok keluar dari Mako Brimob. Puput yang ketika itu mengenakan kemeja biru dongker bermotif terlihat begitu ceria.

Dalam video tersebut Puput ikut menyanyikan lagu Kristen yang berjudul Allah Itu Baik. Puput menyanyikan lagu ini dengan semangat sambil memegang kertas untuk melihat lirik lagu.

Dalam video tersebut, Puput duduk di samping Ahok dan terlihat sangat serasi. Tampak pula dalam video tersebut, ibu kandung Ahok, adik, kakak angkat, serta keluarga dan rekan-rekan dekat Ahok.

5. Perjalanan Karir Puput

Puput ternyata baru empat tahun lalu lulus Sekolah Menengah Atas. Dia jebolan SMA Negeri 88 Jakarta.

Dia ternyata sempat lolos SNMPTN 2015 dan diterima di Institut Pertanian Bogor jurusan Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat. Namun, akhirnya Puput memilih untuk menjadi Polwan dengan masuk Sepolwan Bintara Polri.

Sumber JawaPos.com di internal Kepolisian menyebut, polwan itu mengawali karirnya di Polda Metro Jaya.

BACA JUGA: Aneh, Sebagian Keluarga Tak Tahu Soal Pernikahan Bripda Puput dan Ahok

Dari situ, dia mendapat tugas khusus sebagai ajudan Veronica Tan yang saat itu masih menjadi istri Ahok. "Lalu ke Yanma (Pelayanan Markas)," kata sumber JawaPos.com, Kamis (24/1).

Usianya pun terbilang muda. Di 2019, dia berusia 22 tahun. "Ya betul, kelahiran tahun 1997," kata sumber itu lagi.

Jika dibandingkan dengan Ahok, usia mereka terpaut sangat jauh. Diketahui Ahok di 2019 memasuki kepala lima. Yakni 52 tahun. Artinya jarak usia mereka 30 tahun.

6 Puput Mundur dari Koprs Bhayangkara

Puput Nastiti Devi menghentikan karirnya di Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Dia tampaknya lebih memilih menjadi 'nyonya Basuki Tjahaja Purnama' ketimbang berdinas di Korps Bhayangkara.

BACA JUGA: Penjelasan Ayah Bripda Puput Nastiti, Oh Ternyata

Puput yang saat ini bertugas di Pelayanan Markas (Yanma) sudah mengajukan surat pengunduran diri itu ke atasannya, Kepala Yanma Kombes Apriasti Bakti. Bahkan surat itu sudah diajukan sejak awal Januari lalu.

"Ya betul Bripda Puput sudah mengundurkan diri dari dinas Kepolisian mulai tanggal 9 Januari 2019. Barusan dapat infonya," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada JawaPos.com, Kamis (24/1). (Desyinta Nuraini, Reyn Gloria, Wildan Ibnu Walid/jpc)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ahok dan Puput Kompak Senandungkan Lagu Rohani di Kebaktian Keluarga


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler