6 Kiat Minum Teh untuk Mencegah Gigi Kuning

Rabu, 23 September 2020 – 04:12 WIB
Minum secangkir teh. ILUSTRASI. Foto: Laman Instyle

jpnn.com - Zat tanin dalam teh bisa menjadi penyebab gigi kuning. Namun, bukan berarti Anda harus menjauhi teh sepenuhnya.

Tetap ada banyak manfaat yang bisa diambil dari minuman teh. Asalkan dikonsumsi dengan porsi wajar, teh tidak akan memberikan dampak yang negatif.

BACA JUGA: Benarkah Sering Minum Teh Bikin Gigi Kuning?

Meski teh membuat gigi kuning, hal tersebut bisa dikurangi dengan mengembangkan kebiasaan perawatan mulut yang sehat. Berikut beberapa tips minum teh yang dapat dilakukan untuk mencegah gigi kuning:

1. Kurangi Mengonsumsi Teh

BACA JUGA: Cegah Obesitas, Ini 6 Kiat Agar Cukup Tidur

Mengonsumsi teh secara berlebihan dapat mempercepat perubahan warna pada gigi. Karena teh membuat gigi kuning, batasi jumlah konsumsinya dalam sehari untuk mencegah terjadinya perubahan warna. 

2. Gunakan Sedotan 

BACA JUGA: Jalan Kaki Jadi Solusi Sehat di Kala Pandemi

Menggunakan sedotan saat minum teh dapat menjadi pertimbangan, agar zat di dalam teh tidak berkontak langsung dengan permukaan gigi. Dengan begitu, gigi Anda tidak cepat mengalami perubahan warna. 

3. Konsumsi Air Putih 

Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih setelah minum teh. Hal ini penting guna membilas zat-zat dari teh yang tertinggal di permukaan gigi.

4. Beralih ke Teh Hijau 

Meskipun tidak menghilangkan noda sama sekali, beralih dari teh hitam ke teh hijau dapat mengurangi noda pada gigi Anda.

5. Sikat Gigi secara Teratur

Gosoklah gigi secara teratur dua kali sehari dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride agar gigi tetap sehat, kuat, dan mencegah kerusakan. Lakukan sikat gigi pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. 

Penting juga bagi Anda untuk memeriksakan gigi dan mulut secara rutin ke dokter gigi, yakni setiap enam bulan sekali.

Dengan demikian, jika Anda memiliki masalah gigi dan mulut, hal tersebut bisa terdeteksi sejak dini serta diatasi dengan lebih mudah dan cepat.(FY/klikdokter)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler