6 Makanan Bergizi yang Bantu Jaga Kesehatan Jantung

Rabu, 20 September 2023 – 02:02 WIB
Kacang almond. Foto: Ilustrasi

jpnn.com, JAKARTA - JANTUNG merupakan organ vital manusia yang harus selalu dijaga kesehatannya.

Namun, menjaga kesehatan jantung saat ini tidak semudah yang Anda pikirkan.

BACA JUGA: 3 Buah yang Bantu Jaga Kesehatan Jantung

Pola gaya hidup yang tidak sehat, polusi udara, merokok, mengonsumsi makanan tinggi lemak dan garam bisa membahayakan jantung.

Faktanya, Anda mungkin sudah mengenal seseorang yang pernah atau sedang menderita penyakit jantung, sehingga penyakit jantung menjadi hal yang umum saat ini.

BACA JUGA: 3 Jenis Obat untuk Mengatasi Alergi Makanan yang Anda Alami

Tentunya dengan pola makan dan olahraga yang tepat, tubuh dan jantung Anda akan menjadi sehat dan kuat dalam jangka waktu tertentu.

Bahkan dalam hal makanan, ada makanan tertentu yang secara khusus membantu menjaga kesehatan jantung.

BACA JUGA: Jaga Kesehatan Jantung dengan Mengonsumsi 3 Herbal Ini

Mengetahui makanan apa yang lebih sering dimakan bisa membantu kita memahami cara menjaga umur panjang dan kesehatan.

Di bawah ini beberapa makanan super yang diketahui bisa menjaga jantung tetap bahagia dan sehat, seperti dikutip laman Curejoy.com.

1. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu makanan yang memiliki kadar serat larut tinggi yang terbukti membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Ini pada dasarnya bertindak seperti spons di saluran pencernaan dan menyerap kolesterol sehingga dikeluarkan dari tubuh daripada diserap dalam aliran darah.

Lebih baik memilih oat masak cepat atau jenis oatmeal tradisional daripada bergantung pada oatmeal masak instan karena sering kali mengandung lebih banyak kadar gula.

2. Blueberry

Blueberry dan jenis buah beri lainnya seperti stroberi semuanya mengandung senyawa yang disebut antosianin.

Ini adalah flavonoid (juga dikenal sebagai antioksidan) yang terbukti membantu menurunkan tekanan darah dan melebarkan pembuluh darah, sehingga bisa membantu jantung tetap berfungsi dengan sehat.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2013 menunjukkan bahwa wanita berusia 25 hingga 42 tahun yang mengonsumsi buah beri ini memiliki risiko 32 persen lebih rendah terkena penyakit jantung di kemudian hari dibandingkan dengan wanita yang mengonsumsi lebih sedikit buah beri.

3. Ikan salmon

Salmon dan ikan berlemak lainnya seperti makarel dan sarden dikenal sebagai superstar dalam kelompok makanan super sehat jantung.

Hal ini karena ikan ini mengandung asam lemak omega-3 tingkat tinggi yang telah terbukti mengurangi risiko aritmia dan aterosklerosis, yang keduanya memengaruhi jantung dan fungsi kesehatannya.

American Heart Association merekomendasikan agar masyarakat makan ikan setidaknya dua kali seminggu untuk menjaga kesehatan jantung.

4. Kacang

Kebanyakan kacang-kacangan mengandung serat yang sangat penting dalam menjaga kesehatan jantung.

Ini termasuk kacang-kacangan seperti almond, pistachio, kacang macadamia, kacang tanah dan kenari di antara jenis kacang populer lainnya.

Kacang ini juga mengandung vitamin E yang berperan dalam menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh kita.

Selain itu, kenari khususnya juga mengandung asam lemak omega-3 yang merupakan salah satu lemak sehat utama yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung.

5. Tomat

Tomat adalah sumber potasium yang baik, yang merupakan mineral penting untuk kesehatan jantung.

Selain itu, tomat merupakan sumber antioksidan likopen yang sangat baik.

Lycopene adalah karotenoid yang terbukti membantu menghilangkan kolesterol “jahat”, menjaga pembuluh darah tetap terbuka, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Tomat juga rendah gula dan kalori, yang berarti tomat bisa menjadi bagian dari diet sehat.

Mereka bisa dimasukkan ke dalam semua jenis masakan dan menjadi hidangan utama atau lauk yang sangat baik.

6. Alpukat

Alpukat populer karena mengandung lemak sehat, dan seperti minyak zaitun, alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang terbukti menurunkan risiko penyakit jantung, terutama kolesterol, pada orang yang rutin mengonsumsinya.

Selain itu, alpukat memiliki kadar potasium yang tinggi, yang menjaga tubuh dan jantung berfungsi dengan sehat, serta antioksidan yang membantu menargetkan dan membunuh radikal bebas yang merusak sel-sel sehat di tubuh kita.

Bisa dimakan mentah atau dijadikan bahan tambahan di segala jenis masakan, menjadikannya pilihan yang populer.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler