6 Makanan yang Aman Dikonsumsi Penderita Stroke

Rabu, 08 Maret 2023 – 05:44 WIB
Ilustrasi: Ikan salmon. Foto: foodlife

jpnn.com, JAKARTA - STROKE merupakan salah satu penyakit menakutkan yang terjadi secara tiba-tiba.

Stroke merupakan satu kondisi saat tubuh mengalami kelumpuhan akibat saraf otak yang terganggu.

BACA JUGA: 5 Gaya Hidup yang Membuat Lansia Aman dari Stroke

Oleh sebab itu, saat otak mengalami kerusakan, maka penderita stroke memerlukan banyak nutrisi yang tepat dan optimal untuk membantu memulihkan kondisinya.

Berikut beberapa makanan yang bisa memperbaiki keadaan penyakit kronis pasien pada stroke, seperti dilansir laman Genpi.co.

BACA JUGA: Waspada, 5 Makanan dan Minuman Ini Pemicu Timbulnya Migrain

1. Alpukat

Alpukat secara khusus bisa membantu menurunkan kadar kolesterol.

Biasanya, penderita stroke kadar kolesterolnya tinggi. Selain itu, alpukat juga kaya akan asam lemak omega-3 yang bisa membantu recovery pada pasien stroke.

BACA JUGA: Jaga Kesehatan Otak dengan Rutin Mengonsumsi 6 Makanan Bergizi Ini

Alpukat ini bisa dikonsumsi dengan dosis sekitar 200-300 gram setiap harinya untuk membantu menstabilkan kadar kolesterol pada penderita stroke.

Alpukat juga kaya akan asam oleat, asam oleat ini dibutuhkan oleh otak untuk mencerna informasi dan mengerjakan tugas-tugas yang sulit seperti menghitung, berbicara, berpikir, ataupun memori.

2. Tomat

Buah tomat kaya akan likopen, yang mana likopen ini bermanfaat sebagai neuroprotektif dan bisa menurunkan risiko stroke.

Selain itu, tomat kaya akan antioksidan yang mempercepat proses recovery stroke.

Buah-buahan berwarna merah maupun oranye, ini kaya beta karoten dan antioksidan yang bagus sekali untuk recovery pasien stroke.

Buah yang dimaksud seperti buah tomat, stroberi, wortel, buah delima, buah semangka, buah anggur itu kaya akan antioksidan yang bagus sekali untuk membantu recovery pada pasien stroke.

Selain itu, kacang-kacangan, biji-bijian, ini kaya akan vitamin E yang bagus sebagai fungsi kognitif dan memperbaiki memori pada pasien stroke.

Biji-bijian yang paling mudah seperti jagung, kacang kedelai, kacang merah, kacang tanah, almond, biji matahari ini bagus sekali untuk membantu recovery dari pasien stroke.

3. Telur

Telur merupakan makanan sumber protein yang bermanfaat bagi penderita stroke.

Telur juga lembut dan mudah dimasak dengan berbagai cara sehingga mudah sekali dikonsumsi pada pasien yang disfagia atau sulit menelan.

Makan telur juga membantu mencegah terjadinya stroke lain.

4. Ikan

Ikan yang kaya akan EPA atau asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 ini bagus untuk meningkatkan saraf-saraf dan neuro tropik pada otak, sehingga bisa meningkatkan neuroplastisitas pada otak.

Salah satu yang paling tinggi kandungannya adalah ikan salmon, tetapi kalau tidak ada, bisa ikan laut yang lain, ini bagus sekali sebagai nutrisi bagi pemulihan pascastroke.

5. Buah bit

Buah bit bagus sekali untuk membantu menurunkan kadar tekanan darah.

Pasalnya, buah bit kaya akan nitrat maupun nitrit, yang membantu meningkatkan aliran darah pada tubuh serta membantu menurunkan tekanan darah.

Selain itu, buah bit kaya akan antioksidan yang bisa membantu mempercepat recovery pada penderita stroke.

Buah bit bisa dikonsumsi setiap malam hari lalu diawasi tekanan darahnya, jika mengonsumsi obat-obatan tekanan darah tinggi.

6. Makanan rendah gula

Biasanya pasien stroke dengan diabetes itu harus menjaga kadar gulanya tetap stabil.

Salah satu contoh seperti mengganti nasi dengan oatmeal atau beras merah.

Oatmeal ini bisa digunakan saat sarapan pagi ataupun makan malam, cukup tiga ataupun empat sendok makan untuk membantu menstabilkan gula darah.

Selain itu, oatmeal juga bagus untuk membantu menurunkan kolesterol pada penderita stroke.

Pasalnya, oatmeal juga kaya akan asam lemak omega-3 yang bagus untuk recovery pada pasien stroke.(genpi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler