6 Manfaat Aloe Vera Untuk Kesehatan

Selasa, 14 Februari 2017 – 04:13 WIB
Lidah Buaya. Foto HerbalCare

jpnn.com - jpnn.com - Lidah buaya (aleo vera) tak perlu diragukan lagi manfaat serta khasiatnya, salah satunya untuk kecantikan dan kesehatan.

Senyawa antrakuinon yang terdapat dalam lidah buaya bisa menangkal bakteri di dalam tubuh.

BACA JUGA: 8 Manfaat Jus Lidah Buaya

Tak hanya itu, ternyata tanaman lidah buaya juga mengandung banyak jenis zat dan senyawa yang tentunya bermanfaat bagi kesehatan dan untuk kecantikan kulit.

Berikut beberapa kegunaan lidah buaya, seperti dilansir laman Greenmedinfo, Minggu (12/2).

1. Skin aging.

Aloe vera merupakan obat topikal untuk kulit. Sebuah studi 2009 menemukan bahwa menggunakan lidah buaya bisa mengurangi keriput wajah.

2. Psoriasis.

Peneliti Swedia menemukan bahwa krim yang mengandung lidah buaya efektif untuk pengobatan psoriasis.

3. Kanker.

Lidah buaya juga bisa mencegah dan mengobati kanker kulit. Sebuah studi dari University of Belgrade School of Medicine menemukan lidah buaya menghambat proliferasi sel kulit yang menyertai kanker kulit.

Mengobati sel-sel kanker dengan aloe-emodin, konstituen dari lidah buaya secara signifikan menghentikan proses proliferasi.

Ini menegaskan manfaat aloe vera dalam menghentikan perkembangan pembentukan tumor setelah terkena paparan sinar matahari.

Tapi efek kanker tidak hanya terbatas pada kulit saja. Studi juga menunjukkan bahwa lidah buaya bisa membantu mencegah kanker serviks.

Sebuah studi yang diterbitkan di Asia Pacific Journal of Cancer Prevention menemukan bahwa krim yang mengandung lidah buaya, curcumin, reetha dan amla merupakan terapi yang efektif dan aman untuk pembersihan infeksi human papillomavirus serviks (HPV).

4. Penyakit periodontal.

Lidah buaya telah ditemukan efektif bila ditambahkan ke pasta gigi dan obat kumur. Dalam satu penelitian, 15 pasien dengan periodontitis (penyakit radang infeksi pada gusi) menerima suntikan gel lidah buaya di gusi dan di sekitar gigi tertentu.

Semua pasien mengalami perbaikan dalam kondisi periodontal mereka.

Menggunakan jus lidah buaya sebagai obat kumur juga mengurangi penumpukan plak pada gigi.

Jus lidah buaya juga efektif mengatasi berbagai masalah gigi lainnya, termasuk radang gusi dan sariawan.

5. Penyakit inflamasi usus.

Mengambil gel lidah buaya bisa mengurangi gejala iritasi usus hanya dalam empat minggu.

6. Diabetes.

Lidah buaya membantu menurunkan kadar glukosa darah yang lebih rendah. Dalam salah satu penelitian terhadap lima pasien dengan diabetes non-insulin, subyek diberi setengah sendok teh getah kering dari tanaman lidah buaya (gaharu) per hari selama empat sampai 14 minggu.

Hasilnya, kadar glukosa darah mereka turun rata-rata 122 poin pada setiap pasien dengan tidak ada perubahan berat badan.

Para peneliti menyimpulkan bahwa gaharu mengandung agen hipoglikemik yang menurunkan glukosa darah.(fny/jpnn)


Redaktur : Fany
Reporter : Fany, Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler