6 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Gigi

Kamis, 20 Februari 2020 – 23:23 WIB
Ilustrasi sakit gigi. Foto: Hellosehat

jpnn.com - Madu, tidak hanya baik untuk tubuh, tapi juga untuk kesehatan gigi dan mulut Anda. Manfaat madu untuk kesehatan gigi dan mulut sudah diakui oleh berbagai penelitian.

Anda juga bisa menggunakan jenis bahan alami tersebut sebagai terapi pendukung untuk menyembuhkan sakit gigi.

BACA JUGA: 3 Manfaat Menggunakan Masker Madu

Manfaat Madu untuk Kesehatan Gigi

Madu alami yang sering Anda konsumsi mengandung 82,4% karbohidrat, 38,5% fruktosa, 31% glukosa, 12,9% jenis gula lainnya, 17,1% air dan 0,5% campuran dari protein, mineral, vitamin dan fenol.

BACA JUGA: 8 Manfaat Madu bagi Kesehatan dan Kecantikan

Berkat adanya zat-zat tersebut, madu bisa memberikan beragam manfaat berikut untuk kesehatan gigi dan mulut Anda.

1. Mengatasi Periodontitis

BACA JUGA: Kelly Tandiono Andalkan Masker Gula Campur Madu Murni

Periodontitis adalah penyakit yang terjadi akibat adanya radang gusi yang tidak dirawat. Kondisi ini disebabkan oleh bakteri yang merusak gusi dan jaringan pendukung gigi di sekitarnya.

Nah, madu dapat merangsang pembentukan sel-sel yang baru sehingga dapat memperbaiki gusi yang rusak akibat bakteri atau pun radikal bebas. Karena itu, madu dapat dijadikan sebagai terapi pendukung untuk mengatasi peridontitis.

2. Menyembuhkan Sariawan

Luka pada mulut atau sariawan bisa terjadi akibat stres, mengonsumsi makanan panas atau asam, cedera, dan lainnya. Kondisi ini tentu bisa bikin kondisi mulut terasa tidak nyaman, apalagi saat makan atau minum.

Untungnya, madu dapat menjadi pengobatan alami dari sariawan. Sebab, madu dapat berperan sebagai lapisan penutup luka sehingga terhindar dari risiko infeksi lanjutan.

Selain itu, madu juga untuk melindungi sariawan dari kontak langsung terhadap kuman yang terdapat di dalam rongga mulut.

3. Mengatasi Infeksi Jamur di Mulut

Candida albicans, candida glabrata, dan candida tropicalis adalah beberapa jenis jamur yang sering menyebabkan infeksi pada selaput lapisan permukaan rongga mulut.

Untuk mengobatinya, Anda bisa mengandalkan madu. Faktanya, madu yang 100% alami dapat menghambat pertumbuhan candida albicans. Sedangkan madu yang dilarutkan 50% dapat menghambat pertumbuhan candida.

Lalu, madu yang dilarutkan 10% dapat menghambat pertumbuhan candida pseudotropicalis.

4. Menjaga Kesehatan Mulut Pengguna Behel Gigi

Selama memakai behel gigi, pasien diharuskan untuk menjaga kebersihan gigi dengan saksama. Jika tidak, bakteri bisa menumpuk di sekitar behel dan menyebabkan gigi berlubang atau radang gusi.

Keluhan-keluhan tersebut bisa dihindari pengguna behel gigi dengan rutin mengonsumsi madu.

Ini karena madu dapat menghambat pembentukan plak gigi dan menjaga supaya tidak terjadi radang gusi selama perawatan behel gigi.

5. Menyembuhkan Luka Akibat Cabut Gigi

Madu memiliki sifat yang dapat menyembuhkan luka di seluruh tubuh, sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka bekas cabut gigi.

6. Obat Kumur Alami

Madu dapat bertindak sebagai larutan kumur alami, yang dapat mempertahankan sel agar tidak rusak.

Selain itu, bahan alami ini juga memiliki antibakteri dan anti-radang sehingga dapat membantu meredakan peradangan di dalam tubuh.

Manfaat madu yang satu ini paling dibutuhkan oleh penderita penyakit stomatitis, yaitu peradangan pada jaringan permukaan rongga mulut dan bibir.(klikdokter)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler