6 Tips Menggunakan Google Meet dengan Mudah, Tidak Ribet Lho

Senin, 14 Maret 2022 – 05:57 WIB
Ilustrasi Google Meet. Foto: 9to5Google

jpnn.com, JAKARTA - PANDEMI Covid-19 seperti ini membuat banyak kegiatan menjadi terbatas.

Salah satunya adalah Anda tidak bisa menghadiri rapat di kantor bersama dengan beberapa kerja kamu.

BACA JUGA: Durasi Google Meet Kini Dibatasi Hanya 60 Menit

Untungnya, kini tersedia aplikasi video call yang bisa membantu Anda dan rekan kerja mengadakan rapat kantor secara online.

Untuk memenuhi permintaan, Google memberi setiap pemegang akun Google akses ke Google Meet untuk panggilan video mereka.

BACA JUGA: Google Perbarui Tampilan Fitur Hand Raise di Meet

Dengan kata lain, Google Meet tidak hanya disertakan dalam paket G Suite berbayar.

Siapa pun yang memiliki alamat Gmail bisa menggunakannya, meskipun pemegang akun gratis sekarang dibatasi untuk panggilan 60 menit.

BACA JUGA: Google Batasi Penggunaan Meet Gratis Mulai 1 April

Dengan begitu banyak sekolah, bisnis, dan grup teman yang menggunakan Google Meet, ada baiknya meluangkan waktu beberapa menit untuk mempelajari cara memaksimalkan aplikasi.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Pcmag.

1. Rekam Pemeriksaan Mikrofon dan Kamera

Salah satu tips menggunakan Google Meet dengan mudah yang perlu Anda ketahui adalah menyediakan rekam pemeriksaan mikrofon dan kamera.

Google Meet memiliki alat yang sangat baik untuk memeriksa kamera dan mikrofon Anda sebelum kamu bergabung dengan panggilan.

Faktanya, ini adalah salah satu pemeriksaan A/V paling menyeluruh yang pernah kami lihat di aplikasi panggilan video gratis.

Sebelum Anda bergabung dengan panggilan apa pun, Google Meet menampilkan pratinjau video Anda.

Di bagian bawah ada tombol yang bertuliskan, "Periksa audio dan video Anda."

Saat Anda mengklik tombol itu, kamu akan melihat input dan output sumber untuk audio, mikrofon, dan kamera Anda, dan kamu bisa mengubahnya jika perlu.

Kemudian, ketika Anda mengklik atau menekan Berikutnya, aplikasi memberi kamu opsi untuk merekam video pendek tentang diri Anda yang bisa kamu putar ulang.

Apa cara yang lebih baik untuk mengetahui bagaimana penampilan dan suara Anda daripada melihat dan mendengarnya sendiri?

2. Ubah atau Kaburkan Latar Belakang Anda

Untuk privasi Anda atau hanya untuk bersenang-senang, kamu bisa mengubah apa yang muncul di belakang Anda pada panggilan Google Meet.

Beberapa aplikasi menyebut fitur ini sebagai latar belakang virtual.

Dengan Google Meet, Anda bisa memburamkan latar belakang secara ringan atau berat.

Pilih gambar latar belakang dari aplikasi perpustakaan, atau unggah salah satu milik Anda.

Untuk mengubah latar belakang Anda sebelum bergabung ke rapat, klik untuk bergabung ke rapat dan cari tombol Ubah Latar Belakang di layar pratinjau.

Lalu pilih apakah akan memburamkan latar belakang Anda, memilih gambar, atau menambahkan gambar.

Jika Anda membuat rapat instan, kamu tidak akan melihat layar pratinjau, tetapi Anda selalu bisa mengubah latar belakang selama rapat.

Klik tiga titik bertumpuk di sudut kanan bawah dan pilih Ubah Latar Belakang.

3. Ubah Tata Letaknya

Tergantung pada jenis panggilan yang Anda lakukan, kamu mungkin ingin melihat semua orang sekaligus atau hanya orang yang berbicara.

Ubah tampilan wajah orang dengan mengeklik tiga titik bertumpuk di sudut kanan bawah dan memilih Ubah Tata Letak. Opsi Anda adalah :

-Otomatis, artinya aplikasi memilih tata letak untuk Anda.

-Ubin, yang menempatkan jendela semua orang (atau sebanyak yang bisa ditampung) di layar sekaligus, Anda mungkin pernah mendengarnya sebagai Tampilan Galeri di aplikasi lain.

-Spotlight, yang secara dinamis menunjukkan siapa pun yang berbicara saat ini.

-Sidebar, yang menempatkan speaker aktif di jendela tengah yang besar dan menampilkan semua orang di ubin yang lebih kecil di sebelah kanan.

-Ada juga bilah geser untuk menyesuaikan berapa banyak wajah yang Anda lihat di layar sekaligus dalam tampilan yang berbeda.

Tidak ingin melihat wajah Anda sendiri? Klik ikon penghapusan ubin di jendela kamu sendiri atau di pratinjau kecil video Anda di sudut kanan atas.

4. Sematkan Pembicara Paling Penting

Bila Anda ingin umpan video seseorang berada di depan dan di tengah, kamu bisa menyematkannya.

Jika Anda meletakkan penunjuk tetikus di atas jendela video orang tersebut, kamu akan mendapatkan menu pop-up dengan tiga ikon, pin, mikrofon, dan simbol larangan masuk.

Klik pin agar orang itu tetap terlihat, dan klik lagi untuk melepas pinnya.

Menu yang sama bisa diakses di perangkat seluler dengan menekan lama jendela orang tersebut.

Anda juga bisa mengakses penyematan dari panel Detail Rapat.

Temukan orang yang ingin Anda lihat dan klik ikon pin. Untuk membatalkan pengaturan ini, klik di tempat yang sama dan opsi sekarang mengatakan Lepas sematan.

5. Bisukan Peserta

Anda memiliki kekuatan untuk membisukan peserta lain, yang memungkinkan Anda untuk mengontrol kebisingan dan interupsi yang tidak diinginkan.

Untuk membisukan peserta, buka panel Detail Rapat, yang muncul di sisi kanan layar (ikon kepala dan bahu seseorang, saat Anda mengarahkan mouse ke panel tersebut, tertulis Perlihatkan Semua Orang).

Anda bisa mengetahui siapa yang berisik dengan mencari aktivitas di tiga titik horizontal di samping nama dan gambar profilnya.

Klik tiga titik tersebut dan opsi untuk menonaktifkannya akan muncul.

Anda juga bisa membisukan suara seseorang dengan mengarahkan mouse ke video mereka, atau menekan lama di ponsel, dan mengklik ikon mikrofon pada menu pop-up.

Peserta selalu bisa membunyikan mikrofonnya. Jika seseorang terus bermasalah, Anda bisa mengeluarkannya dari rapat dengan mengeklik tiga titik bertumpuk vertikal di dekat namanya di panel Detail Rapat dan memilih Hapus Dari Rapat, atau mengeklik atau mengetuk tombol Hapus ikon di menu pop-up.

6. Aktifkan Teks

Google Meet memiliki teks otomatis dalam bahasa Inggris, Prancis, Jerman, Portugis (Brasil), dan Spanyol (Eropa dan Amerika Latin).

Saat Anda mengaktifkan teks, kamu akan melihat transkripsi ucapan setiap orang di layar.

Ini tidak sangat mudah, tetapi bekerja lebih baik dari yang Anda harapkan.

Opsi muncul di bagian bawah layar. Jika Anda tidak melihatnya, cukup goyangkan kursor kamu dan itu akan muncul.

Saat pertama kali mengaktifkan teks, bahasa default Anda akan muncul, dan jika kamu mengkliknya, Anda bisa beralih ke bahasa lain yang didukung.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler