6 Visi dan Misi Ridwan Kamil-Suswono, Jakarta Sejahtera dan Adil

Senin, 16 September 2024 – 14:06 WIB
Ridwan Kamil mengangkat tangan. Foto: Aditya Irawan/AFP

jpnn.com, JAKARTA - Pasangan Calon Gubernur Jakarta dan Calon Wakil Gubernur Jakarta Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) secara resmi telah menyerahkan dokumen visi dan misi kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD)Jakarta.

Dokumen yang diserahkan tersebut memuat 65 halaman.

BACA JUGA: Ridwan Kamil Berjanji Bangun Akses Disabilitas Merata, Bukan Hanya di Jakpus

“Visi yang diusung Pasangan RIDO adalah Jakarta baru sebagai kota global yang maju dengan karya inovatif, berkeadilan, dan sejahtera,” ucap Juru Bicara Pasangan RIDO Bernardus “Bernie” Djonoputro dalam keterangannya, Minggu (15/9).

Menurut Bernie, pasangan RIDO mengusung enam misi. Pertama, pasangan RIDO akan membentuk manusia Pancasila yang berdaya saing, setara, berdaya, dan berperadaban luhur.

BACA JUGA: Di Hadapan Warga, Ridwan Kamil: Saya Tahu Diri, Masih Orang Baru

Kata kuncinya adalah pendidikan karakter, ketahanan keluarga, manajemen kependudukan, ketersediaan ruang publik, universitas dan pusat riset kelas dunia, kesetaraan gender, dan kebudayaan.

Kedua, mewujudkan kota global yang berketahanan. Kata kuncinya adalah resiliency atau ketahanan, mitigasi bencana, masyarakat yang berdaya, urbanisasi, aglomerasi perkotaan Jabodetabekpunjur, dan konektivitas global.

BACA JUGA: Ridwan Kamil dan Sutiyoso Berbincang Empat Mata

“Ketiga, pasangan ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif,” kata dia.

Kata kuncinya adalah bebas miskin ekstrem, ramah investasi, ease of doing business, ketahanan pangan, destinasi wisata internasional, lapangan kerja, daya beli, UMKM dan kewirausahaan, akses permodalan, pasar tradisional dan tematik, serta upah berkeadilan.

Keempat, membangun kota layak huni kelas dunia dengan infrastruktur yang berkelanjutan.

Kata kuncinya adalah tata ruang harmonis, penyediaan perumahan terjangkau, infrastruktur perkotaan, green roadmap, pencapaian SDGs, ketersediaan air bersih, udara bersih, transportasi publik yang terintegrasi dan terjangkau, zero waste, sanitasi, dan Transit Oriented Development (TOD).

Kelima, menghadirkan pemerataan pembangunan di semua wilayah Jakarta.

Kata kuncinya adalah peremajaan kota, aksesibilitas ke last mile, redistribusi kegiatan enam kota/kabupaten administratif, percepatan pembangunan Kepulauan Seribu, dan pengurangan kesenjangan.

“Terakhir, pasangan RIDO akan membentuk pemerintahan yang transparan, transformatif, dan proaktif melayani,” tuturnya.

Kata kuncinya terletak pada birokrasi profesional, pemerintahan yang bersih dan akuntabel, kolaboratif, demokratis, transformasi digital, inovasi pembiayaan pembangunan.

Bernie mengatakan visi dan misi tersebut diharapkan dapat mengatasi berbagai permasalan mendesak yang ada di Jakarta.

Permasalahan tersebut di antaranya adalah tingginya harga kebutuhan bahan pokok, terbatasnya lapangan kerja, korupsi dan kualitas layanan birokrasi, kemacetan, dan banjir. (mcr4/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler