631 Peserta Bertarung Demi Piala Rektor UT 2024

Jumat, 23 Agustus 2024 – 16:28 WIB
Olivia Idrus (Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Layanan Pembelajaran dan Kerja sama FEB), Ketua Persatuan Tenis Meja UT Adrian Sutawijaya, Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan UT Prof. Dr. Paken Pandiangan, S.Si., M.Si., Penanggung jawab Disporseni Nasional UT 2024, Meirani Harsasi. Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, TANGERANG SELATAN - Sebanyak 631 siswa dan mahasiswa mengikuti kompetisi tenis meja pelajar nasional memperebutkan Piala Rektor UT 2024.

Kegiatan tersebut sebagai salah satu rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-40.

BACA JUGA: Goat Tenis Meja Ma Long Bantu China Rebut Medali Emas Olimpiade Paris 2024

Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan Universitas Terbuka (UT) Prof. Dr. Paken Pandiangan, S.Si., M.Si., menyampaikan ini tahun ke-12 UT menyelenggarakan turnamen tenis meja.

Kali ini tama yang diangkat yakni Semangat dan Ketangguhan untuk Mencapai Kemenangan Berlandaskan Sportivitas dan Kreativitas.

BACA JUGA: Live Streaming Final Tenis Meja Beregu Putra Olimpiade Paris 2024 China Vs Swedia, Sekarang!

"Turnamen Tenis Meja Pelajar Nasional Piala Rektor UT 2024 ini merupakan ajang yang selalu ditunggu-tunggu para pelajar yang rutin diselenggarakan oleh UT bekerja sama dengan Para Bank Mitra di antaranya Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Mandiri, Bank Syariah Indonesia (BSI), dan Bank Negara Indonesia (BNI), " kata Prof. Paken di sela-sela pembukaan turnamen di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Pondok Cabe, Tangsel, Jumat (23/8).

Menariknya lagi, turnamen tersebut diikuti hampir dari seluruh pelajar maupun mahasiswa se-Indonesia.

BACA JUGA: China Juara Umum Tenis Meja Olimpiade Paris 2024

Terdapat 8 kategori turnamen yaitu U12 Putra 90 orang, U12 Putri 46 orang, U15 Putra 143 orang, U15 Putri 71 orang, U18 Putra 126 orang, U18 Putri 70 orang, mahasiswa 52 orang, dan mahasiswi 33 orang.

"Turnamen tahun ini peminatnya sangat banyak. Kalau tidak dibatasi pasti sudah ribuan pendaftar," jelas Ketua Persatuan Tenis Meja UT Adrian Sutawijaya, S.E., M.Si. yang juga direktur Manajemen, Aset, Umum, Pengadaan Barang dan Jasa UT.

Adrian menambahkan, dengan banyaknya peserta dari kalangan pelajar mengindikasikan bahwa UT makin dikenal Gen Z sehingga bisa melanjutkan pendidikan tinggi di UT.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dr. Meirani Harsasi, S.E., M.Si., mengungkapkan dari serangkaian turnamen yang diselenggarakan, tenis meja paling banyak peminat. Ini menjadi pertanda positif bagi Universitas Terbuka, untuk dilirik para atlet.

"Para atlet kan susah ya untuk kuliah konvensional, dengan adanya UT mereka bisa kuliah tanpa mengganggu latihan maupun pertandingan yang dijalaninya," terangnya.

Dia menjelaskan penyelenggaraan Turnamen Tenis Meja Pelajar Nasional Piala Rektor UT 2024 bertujuan sebagai fasilitator untuk menggali bibit-bibit berprestasi dan dijadikan wahana untuk mencari calon atlet berbakat dalam kegiatan olahraga tenis meja.

Kegiatan diharapkan menjaga regenerasi atlet dan mempertahankan prestasi, sehingga tidak terjadi kekosongan dalam pembinaan calon atlet. Dengan keyakinan bahwa dalam olahraga tidak ada yang instan, proses panjang yang ditempuh akan memberikan dampak positif.

"Selain itu, turnamen ini diharapkan mampu menginspirasi pengembangan lebih lanjut agar tenis meja semakin digemari oleh masyarakat luas, " pungkas Meirani Harsasi.

Turnamen tenis meja pelajar ini dihadiri oleh Pimpinan dari Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Mandiri, Bank Syariah Indonesia (BSI), dan Bank Negara Indonesia (BNI), Ketua KONI Tangsel (Purn) M. Hamka Handaru, S.Ip, MBA, Perwakilan PTMSI Kota Tangerang Selatan.  (esy/jpnn) 


Redaktur : Dedi Yondra
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler