7 Cara Tepat Meningkatkan Kerja Metabolisme

Sabtu, 29 Juni 2013 – 16:58 WIB
Illustrasi. Getty Images
BANYAK dari kita yang memiliki kerja metabolisme yang lambat. Hal ini dapat mempersulit untuk menurunkan berat badan sehingga mudah menjadi gemuk.

Namun, semua itu bisa diatasi dengan meningkatkan kerja metabolisme. Bagaimana caranya? Berikut 7 cara yang bisa dilakukan seperti yang dilansir Fitnea.

1. Olahraga di Pagi Hari


Tak perlu membutuhkan waktu lama untuk bisa melatih kerja metabolisme. Anda cukup meluangkan waktu lima menit di pagi hari dengan latihan yang sederhana. Yang bisa dilakukan adalah jogging atau lari di tempat. Ini untuk memacu detak jantung selama lima menit.

2. Konsumsi Makanan Berempah


Dengan mengkosumsi makanan yang mengandung rempah-rempah, metabolisme tubuh akan terpacu bergerak cepat. Apalagi yang sedikit pedas seperti cabe rawit atau lada hitam. Tapi ini juga bisa digantikan dengan kunyit, kayu manis, pala, atau pun jahe. Bagi anda yang pecinta kopi, cara ini bisa dilakukan dengan mencampurkannya kayu manis.

3. Minum Banyak Air

Minum banyak air ternyata memberikan keajaiban pada kerja metabolisme. Senyawa yang terdiri dari dua atom oksigen dan hidrogen ini mampu menjadi media transportasi dalam tubuh yang memungkikan metabolisme bekerja lebih cepat. Air putih lebih baik dari minuman yang mengandung alkohol.

4. Suplai Kebutuhan Kelenjar Tiroid


Kelenjar tiroid berfungsi untuk mengatur kecepatan tubuh membakar energi, membuat protein, dan mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon lainnya. Dua horman yang dikeluarkan akan mengatur laju metabolisme dengan cara mengalir bersama darah dan memicu sel untuk mengubah lebih banyak glukosa.

Tiroid mengeluarkan terlalu sedikit Triodotironin dan Tiroksin, maka tubuh akan merasa kedinginan, letih, kulit mengering dan berat badan bertambah. Sebaliknya jika terlalu banyak, tubuh akan berkeringat, merasa gelisah, tidak bisa diam dan berat badan akan berkurang.

Namun untuk mendapatkan kerja yang efisien dari kelenjar tiroid, Anda membutuhkan elenium, seng, tembaga, dan yodium. Mineral penting ini bisa diperoleh dari mengkonsumsi makan dari seafood dan kacang-kadangan.

5. Jangan Lupa Sarapan

Di dunia yang serba sibuk ini, banyak dari kita memiliki kecenderungan untuk melewatkan sarapan. Ini adalah salah satu perilaku terburuk yang bisa menghambat kerja untuk metabolisme tubuh. Selalu sempatkan sarapan sehat untuk mencukupi protein seperti telur dan buah yang kaya antioksidan seperti blueberry atau strawberry.

6. Jangan Ngemil di Malam Hari


Sebagian besar dari kita makan lebih banyak saat makan malam daripada kita sarapan. Kita juga cenderung untuk ngemil di malam hari sebelum tidur. Ini adalah kebalikan dari apa yang ingin Anda lakukan untuk mempercepat metabolisme Anda. Cobalah untuk makan lebih awal hari dan kurangi prosi saat makan malam. Cobalah untuk tidak makan setidaknya tiga jam sebelum tidur.

7. Melatih Otot

Latihan beban tidak hanya untuk pembangun tubuh.  Membentuk otot harus menjadi bagian dari semua program kebugaran. Bahkan jika Anda tidak dapat bergabung gym atau membeli peralatan mewah, Anda dapat melatih otot. Beberapa kaleng makanan atau botol air diisi dengan air dapat berfungsi sebagai beban untuk melatih lengan Anda. (awa/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Inilah 5 Cara Meningkatkan Kemampuan Seks Pria

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler