7 Jenis Makanan Pencegah Kanker Serviks

Minggu, 21 Maret 2021 – 04:51 WIB
gandum. Foto: medicalnewstoday

jpnn.com - Kanker serviks adalah jenis penyakit yang terjadi di leher rahim. Fakta menyebut, sebagian besar wanita wanita yang mengidap kanker serviks disebabkan oleh infeksi human papilloma virus (HPV).

Melansir Healthline, salah satu cara mencegah kanker serviks adalah dengan menurunkan kemungkinan terpapar virus HPV.

BACA JUGA: Hai Ladies! Ini 7 Kiat untuk Membuat Pria Merasa Dibutuhkan

Hal tersebut bisa diwujudkan dengan menerima vaksin HPV, khususnya saat Anda berusia 9 dan 45 tahun.

Tidak hanya tu, hal lain yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan risiko terpapar virus HPV yang berujung kanker serviks adalah dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

BACA JUGA: Hambat Sel Kanker, Ini 3 Khasiat Udang yang Perlu Anda Ketahui

Berikut ini beberapa makanan pencegah kanker serviks yang bisa Anda jadikan pilihan:

1. Wortel

BACA JUGA: KHUSUS DEWASA: Setelah Begituan, Jangan Lakukan 6 Hal ini!

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, wortel memiliki kandungan antioksidan yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Tidak hanya itu, wortel juga mengandung senyawa beta karoten dan karotenoid yang bisa membantu tubuh menangkal zat penyebab pertumbuhan sel kanker (karsinogen).

Agar dapat merasakan manfaat wortel sebagai makanan pencegah kanker serviks, Anda bisa mengonsumsinya mentah-mentah atau direbus terlebih dahulu.

Hindari mengolah wortel dalam bentuk gorengan, karena dapat merusak nutrisi di dalamnya.

2. Selada

Selada merupakan jenis sayuran berdaun hijau yang mengandung flavonoid. Senyawa tersebut diduga dapat menurunkan risiko pembentukan sel kanker di dalam tubuh.

Selada baik dikonsumsi mentah setelah dicuci bersih. Jika kurang suka dengan rasa selada, Anda bisa mendapatkan kebaikan yang serupa dengan mengonsumsi bayam.

3. Bawang Putih

Siapa sangka, bawang putih ternyata juga termasuk sebagai makanan untuk mencegah kanker serviks. Manfaat tersebut berkat kandungan flavonoid yang ada di dalam bumbu dapur tersebut.

Bawang putih juga mengandung mangan, vitamin B6 dan C, serta selenium. Beberapa penelitian menunjukkan, kombinasi senyawa tersebut dapat menangkal pertumbuhan sel kanker di usus.

Oleh karena itu, bawang putih juga dapat membantu menurunkan risiko kanker perut, usus besar, dan payudara.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga tergolong sebagai makanan untuk menghindari kanker serviks. Hal tersebut berkat kandungan serta dan protein yang tinggi di dalamnya.

Faktanya, serat dan protein pada kacang-kacangan dapat menjaga kesehatan sel-sel di dalam tubuh. Oleh karena itu, pembentukan sel kanker juga bisa diminimalkan.

Kacang juga dikenal memiliki kandungan senyawa fitokimia. Zat ini dianggap bisa memperlambat pertumbuhan tumor dan menjaga kesehatan sel sehingga tidak berubah menjadi kanker.

5. Jeruk

Berdasarkan dr. Dyah Novita, wanita disarankan untuk lebih sering mengonsumsi jeruk guna menurunkan risiko kanker serviks. Hal ini karena jeruk tinggi akan kandungan karoten.

Dikutip dalam Moffitt Cancer Center, jeruk juga mengandung vitamin C, B dan folat, yang terbukti dapat mengurangi risiko kanker serviks pada wanita yang terinfeksi HPV.

6. Roti Gandum Utuh

Roti gandum utuh juga termasuk sebagai makanan pencegah kanker serviks berkat kandungan vitamin B6 di dalamnya.

Vitamin tersebut dibutuhkan untuk mengoptimalkan fungsi sistem kekebalan tubuh, metabolisme sel darah merah, dan sistem saraf.

Dengan mengonsumsinya secara rutin dan teratur, roti gandum utuh dapat mempertahankan kesehatan sel-sel tubuh agar tidak bermutasi menjadi kanker.

7. Teh Hijau

Selain makanan, ada pula minuman yang baik dikonsumsi untuk menurunkan risiko kanker serviks, yaitu teh hijau.

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan polifenol yang dapat membantu mencegah pembelahan dan penggandaan sel kanker di dalam tubuh.

Mana makanan pencegah kanker serviks yang jadi favorit Anda? Jangan lupa untuk mengonsumsinya dalam porsi yang tepat dan secara rutin.

Imbangi pula dengan menerapkan gaya hidup sehat dan aktif.

Selain itu, Anda dianjurkan melakukan pemeriksaan pap smear secara berkala. Hal ini bertujuan sebagai langkah antisipasi pertumbuhan kanker serviks di dalam tubuh Anda. Selamat mencoba!(klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini 10 Cara Mudah Mencegah Serangan Jantung


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler