7 Kebiasaan Ini Bikin Wajah Anda Keriput Loh

Jumat, 26 April 2019 – 04:03 WIB
Ilustrasi wajah keriput. Foto:diario4v

jpnn.com - Tidak ada orang yang mau mengalami keriput dini. Mungkin Anda sudah mencoba berbagai cara untuk menghindari munculnya keriput, misalnya saja menjaga pola makan, banyak minum cairan, memakai produk kecantikan, dan sebagainya. Selain melakukan usaha tersebut, menyadari kebiasaan yang dapat menimbulkan keriput serta menghindarinya juga sangat penting.

1. Mengucek mata

BACA JUGA: 6 Perawatan untuk Mencegah Keriput di leher

Salah satu bagian dari wajah yang rentan berkeriput adalah seputar area mata. Hal ini disebabkan kulit di bagian mata sangat halus dan sensitif.

Kebiasaan mengucek mata, misalnya, dapat meregangkan kulit yang sensitif pada area ini dan juga merusak kolagen serta elastin. Akibatnya, muncullah keriput yang mengganggu. Jika mata Anda sering gatal atau kering, coba cari tahu dan tangani penyebabnya sehingga tidak muncul kebiasaan mengucek mata.

BACA JUGA: 8 Resep Ampuh Cegah Keriput di Wajah

2. Menyipitkan mata

Kebiasaan menyipitkan mata juga dapat menimbulkan keriput pada area mata. Sering kali, kebiasaan ini dilakukan saat kondisi silau terkena matahari, atau saat penglihatan kurang jelas.

BACA JUGA: Suntik Antikeriput, Aman atau Berbahaya?

Solusinya? Selalu pakai kacamata hitam saat Anda keluar ruangan. Selain itu, periksalah ketajaman penglihatan Anda jika dirasa mulai buram karena bisa jadi Anda membutuhkan kacamata.

3. Menarik kulit saat menggunakan riasan

Para wanita mungkin rutin menggunakan riasan sehari-hari. Namun, kebiasaan yang bertujuan mempercantik diri ini malah bisa menimbulkan efek buruk, terutama jika sering melakukan gerakan menarik serta meregangkan kulit.

Misalnya saja, menarik kulit untuk menggunakan eyeliner, mengangkat alis saat akan memakai maskara (membuat dahi berkerut), atau menggosok-gosok wajah untuk menghapus riasan. Menarik kulit di area mata juga sering dilakukan saat akan menggunakan lensa kontak.

4. Menatap gadget terlalu lama

Sehari-hari, penggunaan gadget dilakukan hampir 24 jam. Saat Anda menunduk untuk menatap ponsel, tablet, ataupun alat elektronik lainnya maka area leher akan menekuk. Lama-lama kebiasaan ini dapat menimbulkan keriput di area leher.

Saat Anda sedang berkonsentrasi penuh, seperti saat bekerja menggunakan laptop, sering kali muka tampak cemberut. Kebiasaan ini juga rentan memicu keriput di area mulut.

5. Mengunyah permen karet

Walaupun sering dikonsumsi untuk menghilangkan bau mulut dan menjaga kebersihan gigi, kebiasaan mengunyah permen karet nyatanya dapat memicu munculnya keriput di area pipi dan seputar mulut.

Keriput di seputar mulut juga dapat disebabkan oleh kebiasaan menggunakan sedotan untuk minum. Jadi lebih baik minum langsung dari gelas ketimbang memakai sedotan.

6. Salah posisi tidur

Hal sederhana seperti posisi tidur pun bisa membuat wajah keriput. Kebiasaan tidur menyamping, terutama apabila menyukai sisi tertentu, dapat menimbulkan keriput (khususnya pada dahi, bibir dan pipi).

Kondisi ini disebabkan wajah yang tertekan oleh bantal. Posisi tidur yang dapat Anda coba adalah tidur telentang dengan posisi kepala sedikit terangkat.

7. Lupa pakai tabir surya

Satu kebiasaan yang paling berpotensi menimbulkan keriput adalah tidak melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Jangan kira Anda aman dari paparan sinar matahari apabila beraktivitas dalam tempat tertutup, misalnya dalam ruangan atau di mobil. Sinar ultraviolet sinar matahari dapat menembus jendela dan menyebabkan munculnya keriput.

Pastikan Anda selalu melindungi kulit dengan rutin memakai tabir surya, serta menggunakan topi atau payung saat berada di luar ruangan.

Selain dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan tersebut, Anda juga wajib melakukan perawatan dari dalam. Salah satu caranya bisa dengan mengonsumsi nutrisi yang baik untuk kulit.(RS/RH/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini Rahasia Miliki Wajah Awet Muda walau Usia Menua


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler