7 Lagu Kesukaan Ratu Elizabeth II, Nomor Terakhir Rock Banget

Kamis, 15 September 2022 – 03:14 WIB
Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada usia 96 tahun. (Reuters: Suzanne Plunkett)

jpnn.com, INGGRIS - Mendiang Ratu Elizabeth II dikenal dekat dengan kalangan musisi. Semasa hayatnya, bangsawan yang lahir pada 21 April 1926 itu menyukai banyak lagu.

Lagu-lagu kesukaan Ratu Elizabeth ada yang bergenre himne religi, musik ringan (easy listening), pop balada, soft rock, bahkan yang sangat cadas.

BACA JUGA: Efek Rumah Kaca Meluapkan Kekesalan Lewat Lagu Heroik

Setidaknya hal itu terungkap saat pemilik nama asli Elizabeth Alexandra Mary tersebut berulang tahun dan meminta lagu untuk playlist di pestanya.

Berikut ini 7 lagu kesukaan Ratu Elizabeth II:

BACA JUGA: Penampakan Pertama Kali Peti Jenazah Ratu Elizabeth, Melalui Jalur Darat 175 Mil

1. Praise, My Soul, The King of Heaven

Himne religi ini ditulis oleh pemuka Gereja Inggris (Anglikan) Henry Francis Lyte. Tembang yang menggambarkan isi Mazmur 103 itu dipublikasikan pertama kali pada 1834.

BACA JUGA: Jadwal dan Lokasi Persemayaman Ratu Elizabeth II Sebelum Pemakaman

Saat perayaan pernikahan (royal wedding) Elizabeth II dengan Adipati Edinburgh Pangeran Philip Mounbatten pada 1947, lagu itu juga diperdengarkan.

Dalam Diamond Jubilee atau perayaan jumenangan ke-60 Ratu Elizabeth II pada Mei 2012, lagu itu juga dimainkan.

2. Leaning on a Lampost

Lagu ini merupakan karya Noel Gay untuk soundtrack film Feather Your Nest pada 1937. Adapun penyanyinya duet Val Rosing George Formby.

3. The White Cliffs of Dover

Tembang easy listening ini ditulis Nat Burton pada 1941. Komposisi asli musiknya digarap Walter Kent.

Namun, lagu ini meledak ketika dinyanyikan Dame Vera Margaret Lynn pada 1942. Saat itu dunia sedang dilanda Perang Dunia Kedua.

4. Anything You Can Do (I Can Do Better)

Karya Irving Berlin ini adalah lagu untuk teater musikal Broadway yang berjudul Annie Get Your Gun pada 1946. Lagu tersebut dibawakan pertama kali oleh duet Ethel Merman dan Ray Middleton.

Namun, Ratu Elizabeth II lebih menyukai Anything You Can Do yang dibawakan ulang oleh Dolores Gray dan Bill Johnson pada 1947.

5. Sweet Caroline

Tembang yang sering dikategorikan pop maupun soft rock ini merupakan karya penulis lagu cum penyanyi Neil Diamonds. Sweet Caroline dirilis pada 1969.

BBC meminta penyanyi Rod Stewart menyanyikan lagu tersebut saat Platinum Jubilee atau peringatan jumenengan ke-70 Ratu Elizabeth II pada Juni 2022.

6. Dancing Queen

Lagu ‘Ratu Dansa’ ini merupakan salah satu signature song ABBA. Kwartet asal Swedia itu merilis lagu bergenre pop disko tersebut pada 15 August 1976.

Sebuah laporan menyebut Ratu Elizabeth II sangat menyukai lagu itu.

“Saya selalu mencoba menari ketika lagu ini diputar, karena saya ratu dan saya suka menari,” ucapnya.

7. We Will Rock You

Kesukaan Ratu Elizabeth II terhadap lagu milik Queen itu benar-benar di luar dugaan banyak orang.

Tembang yang ditulis Brian May tersebut merupakan salah satu nomor dalam album Queen yang bertitel News of The World. Album itu dirilis pada 28 Oktober 1977.

Saat Jubileum Platinum Ratu Elizabeth II pada Juni lalu, Istana Buckingham merilis video berdurasi 2 menit 27 detik. Klip itu menampilkan Sang Ratu dan Paddington Bear -karakter rekaan untuk anak-anak Inggris- menyantap selai jeruk dan minum teh bersama.

Ulah Paddington membuat santap bersama di istana tempat tinggal Ratu Elizabeth tersebut menjadi kacau. Paddington pun menawarkan roti lapis.

Ternyata Ratu Elizabeth II juga menyimpan roti lapis di dalam tasnya yang ikonis. “Saya menyimpan milik saya di dalam sini,” ujanya.

Paddington pun terkejut. “Wow,” ucapnya.

Di luar Istana Buckingham, The Royal Military Band (Band Militer Kerajaan) menabuh snare drum dan bass drum dengan nada intro We Will Rock You. Ratu Elizabeth dan Paddington mengikuti tetabuhan itu dengan mengetukkan sendok gula ke lepek dan cangkir teh.

Ternyata ide adegan itu datang dari Brian May. Gitaris Queen itu sempat bertanya kepada pihak Istana Buckingham apakah Ratu Elizabeth mau melakukannya.

Pihak Istana Buckingham tak memberikan jawaban atas permintaan Brian hingga akhirnya video itu ditayangkan.

“Mereka mengatakan, ‘Oh, mungkin kami mendapatkan seorang di kerajaan melakukannya untuk Anda’,” ujar musikus berambut keriting itu menirukan jawaban pihak istana.(americansongwriter/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler