7 Makanan ini Bisa Bantu Atasi Sakit Kepala

Sabtu, 23 September 2017 – 21:40 WIB
Sakit kepala. Foto: NDTV.com

jpnn.com - Sakit kepala tidak hanya menimbulkan rasa tak nyaman tapi juga membuat konsentrasi berkurang, sehingga performa sehari-hari juga menurun.

Tidak sedikit orang yang mencoba meredakan sakit kepala dengan minum obat penghilang rasa sakit. Tapi obat sakit kepala tidak baik jika dikonsumsi berlebihan dan terus menerus karena bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

BACA JUGA: Sakit Kepala? Coba deh Konsumsi 7 Makanan ini

Jika rasa sakit di kepala masih bisa ditoleransi, sebaiknya jangan dulu minum pil atau tablet sakit kepala.

Beberapa makanan ini bisa membantu menghilangkan sakit kepala ringan dan rasanya juga enak.

BACA JUGA: Atasi Sakit Kepala Dalam 2 Menit

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Selasa (19/9).

1. Alpukat.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan tekanan darah Anda terlalu tinggi, termasuk penyempitan pembuluh darah, yang sering menjadi penyebab sakit kepala. Untungnya, mengonsumsi lemak sehat bisa menjadi solusi yang efektif.

Alpukat mengandung asam lemak monounsaturated atau dikenal sebagai jenis lemak yang baik untuk Anda.

Makanan ini cenderung menjaga jantung sehat karena lemak tak jenuh membantu menurunkan tekanan darah yang bisa membantu meringankan sakit kepala.

2. Quinoa.

Selain nutrisi untuk tubuh Anda yang paling penting, seperti karbohidrat, protein dan lemak, sejumlah vitamin dan mineral juga berperan penting dalam menjaga kesehatan Anda.

Magnesium adalah salah satu mineral penting ini yang bertanggung jawab dalam mengatur sejumlah reaksi kimia pada tingkat sel.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Sports Science and Medicine, magnesium, yang ditemukan pada makanan nabati seperti quinoa bisa berperan dalam mengurangi tekanan darah.

3. Semangka.

Kita diminta untuk minum delapan gelas air putih atau lebih sehari untuk tetap terhidrasi. Tapi makanan tertentu, terutama buah dan sayuran, juga bisa membantu Anda.

Menurut British Journal of Nutrition, dehidrasi bisa menyebabkan beberapa orang mengalami sakit kepala.

Jadi, untuk meringankan sakit kepala Anda saat ini atau mencegahnya, konsumsilah satu atau dua semangka untuk membantu Anda pulih dengan cepat.

4. Roti gandum.

Anda mungkin makan banyak gula halus (karbohidrat sederhana), yang sebenarnya bisa membuat sakit kepala Anda memburuk.

Karbohidrat kompleks, di sisi lain, akan mencegah lonjakan gula darah. Roti gandum utuh akan memberi Anda energi yang bisa bertahan lama, nutrisi berharga dan serat, yang akan membantu Anda tetap kenyang.

5. Kalkun.

Kalkun mengandung vitamin B6, yang menurut Mayo Clinic dan bertanggung jawab atas produksi serotonin tubuh Anda karena serotonin berperan penting dalam menghilangkan rasa sakit.

Makanan seperti kalkun, tuna dan ayam adalah sumber vitamin B6 yang sehat.

Jika Anda tidak makan daging, Anda juga bisa mendapatkan nutrisi dari ubi jalar, kacang-kacangan, pisang dan asparagus.

6. Dark chocolate.

Dark chocolate mengandung cukup kafein untuk membantu meringankan sakit kepala.

7. Kentang.

Tambahkan lebih banyak kentang ke dalam makanan Anda jika Anda sakit kepala.

Karena dehidrasi sering disalahkan atas sakit kepala Anda, Anda mungkin ingin mengembalikan keseimbangan elektrolit dengan cairan dan makanan bertepung yang kaya akan kalium seperti kentang.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler