7 Makanan ini Bisa Menghidupkan Kembali Jam Metabolisme Anda

Kamis, 27 Juli 2017 – 12:00 WIB
Teh Hijau. ILUSTRASI. Foto: Laman Care2

jpnn.com - Para ilmuwan belum menemukan cara untuk membalikkan proses penuaan, namun mereka telah menemukan bagaimana caranya membantu Anda hidup lebih lama dan terlihat lebih muda.

Dan rahasianya ada pada makanan. Makanan yang mengandung antioksidan tinggi, anti-inflamasi dan nutrisi pencairan lemak bisa mencegah sejumlah penyakit, termasuk obesitas, dan mengembalikan jam metabolisme Anda.

BACA JUGA: Alasan Mengapa Wanita Harus Minum Teh Hijau

Untuk menjaga agar metabolisme tetap lancar, Anda bisa memasukkan beberapa makanan dan minuman ini ke dalam menu diet Anda, seperti dilansir laman MSN, Rabu (26/7).

1. Blueberry.

Buah biru berair ini kaya akan antioksidan yang disebut flavonoid, lebih khusus lagi, anthocyanin yang memerangi radikal bebas dan pembengkakan.

Faktanya, sebuah ulasan di jurnal Frontiers in Immunology menemukan bahwa penyakit metabolik kronis seperti obesitas, diabetes dan penyakit kardiovaskular semuanya dimulai dari peradangan kronis.

2. Teh Hijau.

Teh hijau adalah enabler penurunan berat badan utama dan cara sempurna untuk meningkatkan metabolisme Anda.

Itu karena daun teh mengandung katekin yang disebut epigallocatechin gallate atau EGCG.

Sebuah studi di Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research menunjukkan kandungan EGCG dan polifenol yang tinggi dalam teh hijau membuat teh ini menjadi sumber anti-inflamasi yang lebih manjur daripada teh lainnya.

3. Dark Chocolate.

Jika Anda membutuhkan sesuatu yang manis untuk dinikmati bersama secangkir teh hijau panas, pilihlah cokelat hitam dengan kandungan kakao 70 persen atau lebih.

Coklat hitam bisa mencegah kenaikan berat badan, menurunkan gula darah dan bahkan melawan resistensi insulin dan pembengkakan/inflamasi.

Ini merupakan kabar baik karena bisa melindungi tubuh Anda dari kerusakan oksidatif.

4. Kunyit.

Senyawa kunyit, kurkumin diketahui kaya akan antioksidan dan beberapa sifat anti-inflamasi yang sangat ajaib.

Selain menjaga metabolisme Anda tetap lancar, kunyit juga bisa membantu mencegah penurunan kognitif, kerusakan hati, mencegah penyakit jantung dan efek artritis.

5. Bit.

Bit tinggi betaine, nutrisi yang melawan peradangan dan mempercepat metabolisme Anda dan juga banyak hal baik lainnya seperti meningkatkan mood Anda dan mematikan gen yang menjaga kelebihan lemak.

6. Minyak Zaitun.

Karena kandungan fenolnya yang tinggi, hanya dua sendok makan minyak zaitun sehari bisa menurunkan tekanan darah sistolik secara signifikan dalam waktu kurang dari sebulan.

7. Salmon Liar.

Ikan berlemak seperti salmon liar adalah sumber omega-3 dan anti-inflamasi yang luar biasa.

Sebagai bonus tambahan, salmon liar juga kaya akan protein, EPA dan DHA, dua asam lemak yang tela ada dalam bentuk aktif.

Mereka membantu menyerang peradangan melalui peningkatan hormon adiponektin yang meningkatkan kemampuan otot untuk menggunakan dan mengubah karbohidrat menjadi energi, membakar lemak dan memperbaiki metabolisme Anda.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Teh Hijau  

Terpopuler