7 Manfaat Teh Kembang Sepatu, Nomor 1 Bikin Kaget

Selasa, 26 April 2022 – 04:46 WIB
Ilustrasi teh kembang sepatu. Foto: Laman Prevention

jpnn.com, JAKARTA - APAKAH Anda pernah mengonsumsi teh kembang sepatu? Teh kembang sepatu diolah dari bunga kembang sepatu dan memiliki warna merah.

Teh kembang sepatu atau yang dikenal dengan nama Roselle ini merupakan salah satu satu teh herbal yang memiliki berbagai kandungan gizi dan nutrisi.

BACA JUGA: Ketahuilah, Ini Manfaat Teh Kembang Sepatu bagi Kesehatan

Teh kembang sepatu secara alami rendah kalori dan bebas kafein.

Menurut Database Nutrisi USDA, teh ini memiliki pasokan mineral yang baik termasuk kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan seng.

BACA JUGA: 5 Khasiat Ajaib Minyak Kembang Sepatu yang Tak Terduga

Teh kembang sepatu juga mengandung vitamin B seperti niasin dan asam folat.

Teh ini merupakan sumber anthocyanin yang baik, yang mungkin bermanfaat untuk mengelola tingkat tekanan darah tinggi, pilek, dan infeksi saluran kemih.

BACA JUGA: Turunkan Asam Lambung Hanya dengan Mengonsumsi 3 Jenis Teh Ini

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Organicfacts.

https://www.organicfacts.net/health-benefits/beverage/hibiscus-tea.html?fbclid=IwAR2I1U_wZEEz0n0QRScpOwqW03h0zmPOrMXLZWj7lSe7NR-PU1IwLWYcVpU.

1. Membantu Mengelola Tekanan Darah

Sebuah laporan dari AHA (American Heart Association), diterbitkan pada November 2008, menunjukkan bahwa mengonsumsi teh ini mungkin memiliki peluang tinggi untuk menurunkan tekanan darah pada orang dewasa pra-hipertensi dan hipertensi ringan.

Disebutkan pula bahwa 1/3 orang dewasa di Amerika Serikat menderita tekanan darah tinggi atau disebut juga hipertensi.

2. Bermanfaat untuk Menurunkan Berat Badan

Sesuai penelitian yang diterbitkan di National Library of Medicine, ekstrak kembang sepatu bisa membantu mencegah obesitas karena sifat regulasi metabolismenya.

Penelitian lain yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology menunjukkan bagaimana teh kembang sepatu mengurangi berat badan di antara tikus gemuk.

3. Membantu Menurunkan Kolesterol

Sebuah studi penelitian yang dilakukan pada pasien dengan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa konsumsi kembang sepatu dan teh asam bisa menurunkan kolesterol, trigliserida, dan kolesterol lipoprotein densitas rendah.

Selain itu, rutin mengonsumsi teh ini juga bisa meningkatkan kolesterol lipoprotein densitas tinggi, yang membantu mengelola penyakit yang tidak terduga ini.

Teh kembang sepatu juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dari tubuh, sehingga membantu melindungi dari penyakit jantung dan melindungi pembuluh darah dari kerusakan.

Sifat hipolipidemik dan hipoglikemik dari teh kembang sepatu bisa bermanfaat bagi mereka yang menderita gangguan gula darah seperti diabetes.

4. Membantu Menjaga Kesehatan Hati

Studi penelitian menunjukkan bahwa sifat antioksidan teh kembang sepatu bisa membantu dalam mengobati penyakit hati.

Menurut sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Food & Function Journal, ketika 19 orang obesitas diberikan ekstrak teh kembang sepatu selama 12 minggu, ada peningkatan signifikan yang terlihat pada steatosis hati, suatu kondisi yang mereka semua derita.

Steatosis hati adalah suatu kondisi yang merupakan akumulasi lemak di hati yang bisa menyebabkan gagal hati.

5. Bisa Digunakan Sebagai Agen Antiinflamasi dan Antibakteri

Teh daun longgar tanaman kembang sepatu bahkan mungkin kaya akan asam askorbat, juga dikenal sebagai vitamin C.

Ini adalah nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh Anda untuk meningkatkan dan merangsang aktivitas sistem kekebalan tubuh.

Teh kembang sepatu juga dikenal karena sifat antiinflamasi dan antibakterinya.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Drug and Chemical Toxicology, ketika tikus diberi ekstrak kembang sepatu, itu meningkatkan jumlah enzim antioksidan dalam tubuh mereka dan mengurangi efek berbahaya dari radikal bebas tidak kurang dari 92 persen.

Meskipun ini adalah penelitian pada hewan, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan bagaimana antioksidan dalam teh kembang sepatu bisa memengaruhi manusia.

6. Bertindak Sebagai Antidepresan

Teh kembang sepatu mungkin mengandung vitamin dan mineral, khususnya flavonoid, yang telah dikaitkan dengan sifat antidepresan dalam beberapa penelitian pada hewan.

Konsumsi teh kembang sepatu bisa membantu menenangkan sistem saraf, dan mengurangi kecemasan dan depresi dengan menciptakan sensasi santai pada pikiran dan tubuh.

7. Efektif untuk Pencernaan

Banyak orang minum teh kembang sepatu untuk meningkatkan pencernaan karena mengatur buang air kecil dan buang air besar.

Karena memiliki sifat diuretik, teh ini juga bisa digunakan untuk mengobati sembelit dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan Anda.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler